Kamis, 20 September 2007

Digital fotografi,kemajuan atau kemunduran?

Dilihat dari segi kemajuan,wah jelas-jelas pesat sekali.Siapa yang bakal menyangka gambar yang kita bidik dan jepret seketika itu juga bisa dilihat hasilnya di layar LCD di belakang kamera,terlalu over atau under tinggal diulang.Nggak perlu buang-buang duit untuk beli berroll-roll film negatif,tinggal beli kartu memori bisa dipake berkali-kali sampe kapalan.

Mau retouching,tinggal masukin ke komputer,mau dibikin hitam putih,sepia,special efek tinggal klik nggak perlu repot-repot ke kamar gelap segala atau pesan ke tukang cuci cetak.Rapih dan bersih.

Kemundurannya,mungkin harus disebut sebagai proses yang mengarah kepada perbaikan kali,ya? yaitu imej yang dihasilkan kamera digital masa kini itu masih mentah banget,artinya pasti harus masuk retouching komputer dulu,baru jadi.Itupun belum bisa ngejar hasil cetakan kayak waktu masih pake manual dulu.Apalagi untuk soal detil dan kedalaman,wah jauh banget.

Saya menilai bahwa saya adalah salah satu tukang poto yang beruntung banget bisa mengalami fase masa-masa perubahan dari fotografi manual ke fotografi digital,sehingga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing.

0 comments: