Kamis, 20 Agustus 2009

Trik sukses wawancara lowongan fotografer

Di jurnal kali ini saya ingin sedikit membeberkan rahasia trik lulus wawancara dan mendapatkan pekerjaan untuk posisi fotografer.


Trik ini bukan hanya teori belaka, tapi berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika dipercaya untuk menjadi pengamat tes praktek penerimaan pegawai baru untuk posisi fotografer sewaktu bekerja di Rush studio dan Avenue studio, serta trik yang berhasil saya terapkan berkali-kali untuk mendapatkan pekerjaan pada posisi fotografer pada berbagai kesempatan.Tahapan trik suksesnya adalah sebagai berikut :


Jujur ketika diwawancara.Tahapan ini adalah yang paling esensial dan kesan pertama akan sangat menentukan diterima tidaknya anda dalam suatu wawancara pekerjaan.Jika anda jujur, anda akan menjawab pertanyaan yang diajukan dengan meyakinkan dan begitupun sebaliknya. Bisa dikatakan kompetensi anda akan dinilai pada tahap ini berdasarkan skill dan pengalaman serta kebutuhan mereka.


Meyakinkan dites praktek. Ada sebagian yang mengatakan bahwa tes praktek hanya sebuah formalitas belaka, tetapi bagi saya tidak. Pada tahap ini akan dinilai skill dan sejauh mana kemampuan kita dalam bidang memotret ini. Biasanya kita akan diberi kebebasan untuk memotret dengan gaya kita, bebas menggunakan properti yang ada, serta berapa frame kita akan memotret. Maksimalkan komposisi, sudut pandang dan pose model dalam setiap framenya. Lightingnya boleh standar dan usahakan paling sedikit anda memotret 20 frame dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.


Sepadan di negosiasi. Jika anda sudah sampai pada tahap ini, berarti anda tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan pekerjaan ini. Sekarang tinggal menghadapi sesuatu yang paling krusial, yaitu negosiasi. Ketika diwawancara dan tes praktek anda tentu sudah mengukur kemampuan perusahaan yang anda lamar ini didalam menggaji karyawannya termasuk posisi yang anda lamar. Dan biasanya mereka sudah punya budget sendiri sehingga biasanya kita hanya bisa menawar sedikit dari budget mereka. Tentukan nilai dan kebutuhan anda, tutup negosiasi ini dengan diterimanya anda dipekerjaan ini.


Akhir kata, selamat mencoba dan semoga sukses!

2 comments:

yudhi mengatakan...

Baru tahu klo ada tips2nya juga di fotografer

keep posting & keep sharing

Haryo Prabowo
http://haryoprabowo.com/

tukangpoto mengatakan...

Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat pembaca.