Minggu, 04 Oktober 2009

Tips membeli kamera DSLR yang tepat

Ada banyak faktor yang ikut menentukan ketika kita hendak membuat pilihan untuk membeli sebuah kamera DSLR. Sebab ada berbagai merk dan tipe, entry level maupun advance, yang pastinya sih bakalan ngebingungin banget.

Agar nanti kamera DSLR yang dipilih sesuai benar dengan kebutuhan kita dan nggak mubazir, saya coba kumpulkan faktor-faktor yang biasanya menjadi penentu pilihan kita :

1. Harga. Inilah faktor paling utama penentu akan seperti apakah tipe maupun merk kamera DSLR yang akan kita miliki nanti. Seberapa canggih keinginan dan tipe kamera yang anda pilih, budget yang kita milikilah yang menentukan.

2 . Kegunaan. Atau untuk kebutuhan apakah anda membeli kamera DSLR; apakah untuk menyalurkan hobi baru, mendapat tugas menjadi bagian dokumentasi di kantor, memperlancar pekerjaan sebagai fotografer liputan dan jika kebutuhan anda masih bisa tercukupi dengan kamera saku tentunya membeli sebuah kamera DSLR bukan merupakan sebuah keharusan. Bukan hanya akan lebih merepotkan anda karena harus belajar menguasainya juga akan memberatkan karena ukurannya yang lebih besar dari kamera point and shoot biasa.

3 . Spesifikasi. Kalau faktor ini yang menentukan berarti anda sudah berminat untuk mendalami kegunaan dan kelebihan dari kamera DSLR yang tidak lagi sekedar bidik dan jepret. Apakah anda butuh kamera dengan speed yang lebih tinggi karena ingin mendalami foto olah raga, resolusi yang besar karena akan sering mencetak dengan ukuran yang besar, rating ISO lebih tinggi karena bertugas motret konser musik atau pertunjukkan panggung dan lain-lain.

Sebenarnya ketiga faktor di atas adalah faktor yang paling menentukan dari keputusan anda untuk memilih dan membeli kamera DSLR. Tapi jika saya harus menambahkan faktor yang paling sering menjadi bahan pertimbangan lainnya maka pilihannya adalah :

4 . Resolusi. Banyak orang salah pengertian tentang kata resolusi atau megapixel ini. Kebanyakan orang menganggap kalau sebuah kamera memiliki ukuran megapixel lebih besar maka gambar yang dihasilkan akan lebih baik. Padahal jika kita hanya akan kebanyakan mencetak hasil foto dalam ukuran post card, besaran megapixel yang ada di kamera saku pun sudah mencukupi. Ukuran megapixel yang besar baru diperlukan jika kita harus mencetak dalam ukuran lebih besar dari 60 cm x 40 cm. Atau anda adalah seorang profesional yang seringkali mencetak dalam ukuran besar dari hasil cropingan foto.

5 . Aksesoris. Pilihan ini juga bisa berarti anda akan berinvestasi di satu merk kamera atau sudah memiliki satu merk tertentu sebelumnya, dan memutuskan untuk melengkapi kebutuhan dari merk tersebut.

6 . Kebutuhan masa depan. Apakah anda akan menggunakan kamera tersebut sampai 5 atau 6 tahun kedepan? Karena teknologi kamera DSLR adalah teknologi yang tidak cepat usang dimakan waktu, tidak seperti misalnya teknologi pada telepon genggam yang cepat sekali berganti. Kecuali ada loncatan teknologi baru seperti ketika peralihan dari kamera analog ke kamera digital. Atau mungkin nanti ketika kamera DSLR yang menggunakan rana atau shutter digantikan oleh teknologi kamera telepon genggam dengan hasil yang sama kualitasnya.

Jadi semua keputusan ada di tangan anda, pikirkan baik-baik agar nantinya pilihan anda tidak menjadi sia-sia. Selamat berburu!


51 comments:

duadua mengatakan...

mau minta saran nih,saya punya dua kamera,digital ama yang manual.sebaiknya yang manual buat apa ya?

tukangpoto mengatakan...

Yang manual disimpan aja di kotak kedap udara atau di dalam plastik lalu diberi karbon anti jamur. Kali-kali aja jadi klasik, terus bisa buat investasi deh. Semoga membantu.

Saung Web mengatakan...

Nah ini tips yang ku tunggu sobat.. baru tahu ternyata gitu toh.. makasih berat ya.. ini akan jadi bahan referensi

tukangpoto mengatakan...

Ok, kang. Senang bisa membantu.

NumB3R mengatakan...

lagi-lagi dapet ilmu yg bermanfaat disini. Kyknya tips yg satu ini harus disimpan nih, jd sebelum membeli kamera, baca ulang lg artikel ini, hehehe. . .

thanks infonya kang :)

tukangpoto mengatakan...

Sama-sama,kang.Senang bisa berbagi.

Deny Deyn mengatakan...

waahh, dari dulu
mupeng nih pingin DSLR
apalgi ntar ada matkul fotografi T.T
ada yg mau kasih cuma2 ke saya
hahaha

tukangpoto mengatakan...

Mudah-mudahan nanti ada dermawan yang mau berbaik hati.Terima kasih sudah mampir.

blooges mengatakan...

Tips membantu banget.. aku sebenarnya bingung antara kamera digital biasa dengan DSLR, jadi setelah membaca ini jadi ngerti.. makasih mas.. lanjudkan terus mas..

tukangpoto mengatakan...

Makasih juga,pasti dilanjutkan...

ngupingers(diary nguping pertama di indonesia) mengatakan...

welll lam kenal ya...semoga sukses jadi fotografer handal..deh..

tukangpoto mengatakan...

Makasih sudah mau mampir di blog saya,sukses juga untuk anda.

ppc gratis mengatakan...

Ayo buruan ikutan ppc gratis ala iklangede.com, tingkatkan traffic blog anda dengan pay per click gratis.

informasi lengkap visit at http://www.iklangede.com

Ria mengatakan...

pantes komentarnya pemilihan kameranya tepat di blog ku...wong ada postingan ini...hehehehe

tukangpoto mengatakan...

Bukan pesan sponsor lho,mbak Ria. Tapi memang kita biasanya pake kamera merk itu.

wawan1010 mengatakan...

bang..tolong kasih saran dan pertimbangan ke ane donk..ane pengen beli kamera DSLR dengan kualitas yg ga tll low end tapi juga ga tll high end....bisa kasih info ga???ane suka sekali dunia fotografi (outdoor & indoor) so,kamera apa yg cocok yach???ane ngefans banget dengan merk Canon + Nikon...ada saran????oya,budget ane <5jt!!!!trims banyak ya bang....

tukangpoto mengatakan...

Rekomendasi kamera untuk mas Wawan adalah Canon 1000D atau Nikon D3000, kedua kamera ini sangat cocok untuk memulai hobi fotografi tanpa kehilangan kualitas. Semoga berkenan.

Anonim mengatakan...

mas, kalau sy sebagai pemula lebih nyaranin pake 450d atau 1000d. karena saya berencana membeli dan kebetulan ada tawaran dua kamera itu dengan harga yang sama. sy jadi bingung

tukangpoto mengatakan...

Saran saya, mas ambil yang 450D aja. Sama-sama entry level tapi yang 450D sedikit lebih unggul dari 1000D terutama dari sisi megapixelnya.

deddy aryadi mengatakan...

Mas Nanya Nih aku mau beli kamera canon SX 30 IS (semi pro)trus kelebihan dan kekurangan dari type Kamera ini apa ya mas?

tukangpoto mengatakan...

Kenapa tanggung-tanggung mas? Kalo mau belajar fotografi saya sarankan untuk menggunakan kamera DSLR, karena akan memberi jangkauan yang luas dari segi kreatifitas.
Saya juga belajar menggunakan kamera SLR analog bukan pake kamera kompak.

Hanya sekedar saran,lho.

Gung GG mengatakan...

mo minta saran ni mas, ya skdar buat perbandingan aja...untuk outdoor mana lbh mantap NIKON D90 apa CANNON 550D? thx

tukangpoto mengatakan...

Untuk keperluan outdoor saya lebih memilih Nikon D90 nya,mas.. :)

Anonim mengatakan...

bang...
saya suka moto-moto nihh (hobi gituu)..
moto pake'kamera biasa tuh rasanya kurang sregg..
pengen beli kamera DSLR sesuai kantong pelajar <2juta...
kasih saran dundd, mesti beli apa...

tukangpoto mengatakan...

dengan budget yang kamu punya pilihan jatuh pada DSLR second, coba deh buka-buka KASKUS di sana banyak ditawarkan..

Anonim mengatakan...

tanya dong???
DSLR singkatan dari kata apa!!!

tukangpoto mengatakan...

DSLR singkatan dari Digital Single Lens Reflex, penjabarannya nanti dulu ya soalnya masih sama-sama harus buka buku nih..hehe

Anonim mengatakan...

mohon info mas...buat pemula bagusan mana eos550d atw nikon d7000???

tukangpoto mengatakan...

Kayaknya bukan lebih bagus deh tapi lebih cocok..kalo untuk pemula rekomendasi saya 550D aja, soalnya fitur-fitur di D7000 cenderung untuk yang tingkat advance.Terima kasih.

Anonim mengatakan...

mau nanyak, saya kepingin beli 600d, itu apa ya mas kelebihan kekurangannya? lebih bagus mana sama 60d? saya bingung. tolong sarannya ya mas,

Anonim mengatakan...

Mas, saya hobi foto2 (panorama, malam n makro)dan skr pengen beli kamera SLR. Cuma saya pikir kalo mau beli sekalian yg bagusan :p, biar ga sayang tar sambil belajar aj. Kira2 kamera apa yg cocok untuk saya untuk budget 10jtan? Makasih atas bantuannya.

tukangpoto mengatakan...

Rekomendasi saya Canon 60D, mas..pas!

Anonim mengatakan...

mas saya lg blajar bagusan pake eos 550d atau nikon d7000

tukangpoto mengatakan...

Kalo dari segi spesifikasi, ya lebih bagus Nikon D7000, mas..

Anonim mengatakan...

Mohon Info ciri-ciri / spesifikasi
kamera yang biasa digunakan oleh fotografer profesional / advance itu apa saja yaa, thanks.

tukangpoto mengatakan...

wah,kalo soal ciri-ciri banyak, mas..tapi kalo merk biasanya Canon 7D, 60D, 1DX dan masih banyak lagi..

shaggy mengatakan...

kalo make kamera Prosumer kira2 kamera apa yang bagus ya?

Anonim mengatakan...

Kebetulan suami mw ultah sy uda lama mw beliin kamera dslr tp bingung krn sama sekali ga punya pengetahuan tentang kamera, tolong rekomendasinya mas kamera yg bagus, bs buat foto produk sekalian foto pemandangan, atau foto si kecil, sama foto yg belakangnya bs blur itu apa yah..budget up to 10 mio...sy denger2 merek Nikon bagus

Anonim mengatakan...

Mohon dijelaskan lagi tentang perbedaan kamera DSLR yg murah, sedang dan mahal. Apasaja pembedanya dan apasaja kemanfaatan dari hal yg berbeda itu. Dimana letak hubungannya dgn hasil jepretan. Misal apakah yang murah sebenarnya untuk pemula sudah cukup.
Terima kasih advicenya
Salam
Agus di bandung

Handukkumana mengatakan...

saya tidak mau terpaku pada resolusi, menurut saya penguasaan teknis dan pengalamanlah yang bikin orang hebat dalam fotografi..
saya newbie di fotografi dslr tapi dari taun 2007an saya sedikit demi sedikit belajar dgn kamera analog tua tanpa lightmeter (meski setahun paling banyak cuma habis 10 roll), sekarang saya baru saja beli konica minolta alpha-7D dan saya sangat puas dengan hasilnya meski kamera itu resolusinya hanya 6MP..

Handukkumana mengatakan...

saya tidak mau terpaku pada resolusi, menurut saya penguasaan teknis dan pengalamanlah yang bikin orang hebat dalam fotografi..
saya newbie di fotografi dslr tapi dari taun 2007an saya sedikit demi sedikit belajar dgn kamera analog tua tanpa lightmeter (meski setahun paling banyak cuma habis 10 roll), sekarang saya baru saja beli konica minolta alpha-7D dan saya sangat puas dengan hasilnya meski kamera itu resolusinya hanya 6MP..

handycraft and handmade mengatakan...

olympus slr bagus gak ? recomended yg harga 5 juta apa ya ?

Anonim mengatakan...

pilih mana ya olympus e-520, canon eos 1100D, pentax K R? mohon pencerahan....nihun

Anonim mengatakan...

assalammualaikum
permisi mas mas e fotografer ana hobi banget fotografi dan pengen banget punya kamera DSLR...
boleh minta tips beli kamera DSLR yang murah tapi berkualitas tapi dananya cuma 2.000.000 kebawah ?
bagusan canon atau nikon ?
kalau ada yang punya referensi beli kamera ?

a 'Oo' Rembo mengatakan...

mas,, sya mau beli dslr yang murah tapi kualitas ok, kira2 nikon d3100 atau canon 1100d??

Tri - Ibu dan Bayi Blog's mengatakan...

Sekarang udah mau migrasi ke kamera mirrorless, apalagi dukungan lensa yg sama seperti DSLR yang sudah banyak, mungkin dimasa depan kamera digital sudah tak memakai mirror lagi :)

figure46 mengatakan...

Artikel yg menarik... Numpank link yah ke blog ane.. Trims

Anonim mengatakan...

Bang, mau minta saram kamera DSLR yang untuk pemuula, modalnya sekitar 4 juta, gmana bang?

aditya mengatakan...

kamera yang <3jt, bagusnya merek apa ya ? khusus outdoor

terim kasih

Tijar taufikr mengatakan...

mas mau tanya
gpp kah klo pemula langsung makai nya yg 60d ?

tukangpoto mengatakan...

Nggak apa-apa, kok. Bisa.