Minggu, 25 April 2010

Fotografi makro



Fotografi makro adalah cara pembesaran terhadap sebuah obyek yang kecil, sehingga detailnya menjadi terlihat jelas dalam skala 1 :1 atau lebih besar. Dalam arti hasil foto anda dapat disebut foto makro jika skala antara hasil foto dan obyek aslinya adalah satu banding satu. Atau skala hasil fotonya lebih besar dari obyek aslinya.

Obyek dari fotografi makro bisa sangat beragam, biasanya yang luput keindahannya dari pandangan mata normal. Selain memotret keindahan dunia mikro dari tumbuhan dan serangga, ternyata fotografi makro juga digunakan untuk keperluan industrial; seperti engineering, manufacture, kedokteran gigi dan lain sebagainya.

Alat fotografis yang digunakan untuk membuat fotografi makro pun bermacam-macam, tapi pada postingan kali ini saya hanya akan mencantumkan alat bantu yang lazim digunakan oleh para fotografer makro dalam menciptakan karyanya :

1 . Lensa makro
Jika anda serius ingin menggeluti fotografi makro dan mempunyai dana lebih, tidak ada salahnya anda memiliki lensa ini sebagai investasi. Sebab lensa makro adalah alat yang dapat menghasilkan gambar yang paling baik untuk fotografi makro dibanding alat yang lain.

2 . Reverse ring
Alat ini yang paling banyak digunakan oleh para pemula karena harganya yang terjangkau. Berfungsi untuk menyambung bagian muka lensa dengan bodi kamera atau memasang lensa secara terbalik terhadap bodi kamera. Imej yang dihasilkan cukup tajam dengan ruang tajam yang sempit.

3 . Filter close up
Sama seperti penggunaan filter-filter lainnya yaitu direkatkan di bagian depan lensa kamera. Dengan tingkat pembesaran yang beragam, mulai dari +1 sampai dengan +10. Dampak dari penggunaan filter ini adalah mempersempit ruang tajam.

4 . Extension tube
Alat ini dapat meningkatkan pembesaran pada gambar tergantung pada berapa kali pembesarannya. Sesuai dengan namanya, alat ini dipasang di antara bodi kamera dan lensa. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemotretan jadi memerlukan pencahayaan atau exposure yang lebih lama agar gambar dapat tercahayai dengan baik.

Pada artikel fotografi makro berikutnya saya akan mencantumkan alat-alat yang tidak lazim yang dapat kita gunakan untuk membuat foto makro. Selain lebih murah, semuanya menuntut kita untuk lebih kreatif. Selamat mencoba!



sumber foto

49 comments:

sunarnosahlan mengatakan...

aku terpesona melihat hasil jepretannya terutama foto semutnya

Kakaakin mengatakan...

Keren banget ya, kalo bisa bikin gambar yang ditel sperti itu :)

kyaine mengatakan...

kamera digital saku saya dilengkapi dng "macro", tetapi ketika saya gunakan knp hasilnya kurang maksimal ya mas?

ismi mengatakan...

takut ngliat lalet yg jd segede itu >,<

tukangpoto mengatakan...

sunarnosahlan : keindahan memang nggak usah jauh-jauh,mas.

kakaakin : semua kalau dilihat secara detail pasti indah..

kyaine : nanti mas, saya bikin tutorialnya..

ismi : itu cuma pembesaran kok,mbak..:D

bundadontworry mengatakan...

hasil fotografi memang mempesona ya Mas Didit,
apalagi bila dilakukan oleh ahlinya.
terimakasih krn telah berbagi foto2 yang indah dan menawan ini.
salam hangat utk keluarga
semoga selalu sehat
salam

batavusqu mengatakan...

Salam Takzim
Kalau boleh tau harga kamera seperti itu berapa sih
Salam Takzim Batavusqu

tukangpoto mengatakan...

Sesuatu yang ditekuni secara sungguh-sungguh pastinya akan menghasilkan. Makasih,bunda.

tukangpoto mengatakan...

Batavusqu : kalo soal harga kamera yang baru; 4 jutaan keatas,untuk alat bantunya tergantung merknya,bang. Mudah-mudahan membantu.

jumialely mengatakan...

omen dulu ya, nanti saya baca, soalnyamau ngajar bentar

salam

tukangpoto mengatakan...

Oke,bu..:D

zulhaq mengatakan...

tapim lensa macro mahal euy :)

jumialely mengatakan...

keren sekali foto semutnya, luar biasa

semangat terus ya

selamat mendapatkan tali asih dari pakde

salam

tukangpoto mengatakan...

Makasih,ya mbak Lely.

isnuansa mengatakan...

Pengen juga sih ngerasain bikin gambar yang gede gitu...

Kalo ambil foto di zoom aja kadang belom maksimal tapi udah pecah duluan. Emang sih, kamerasaku, bukan dslr.

UQI mengatakan...

mantab mas!! Salam kenal dari saya!! Ditunggu karya-karya yang laen

Mas Ben mengatakan...

Di kamera saya, ada fasilitas makro-nya. Sebaiknya perlu kita bantu dengan zoom juga atau tidak ya Mas kalau kita mau pake style makro ?

Salam bentoelisan
Mas Ben

elmoudy mengatakan...

masyaAlla.. itu foto beneran ya mas.,
manis n cantik banget,,
pengen nyentuh n usap2 kepalanya hehehe
kagum gw.

tukangpoto mengatakan...

Isnuansa : memang mbak kalo pengen hasil yang beda biasanya harus pake alat yang beda juga..:D

UQI : salam kenal juga..

Mas Ben : kayaknya harus pake lensa makro deh mas atau alat lain seperti yang saya cantumkan.

Elmoudy : semua ciptaan Tuhan memang diciptakan indah adanya :D

UQI mengatakan...

oh ya mas untuk newbie sebaiknya lensa yang harus diberi awal2 apa dulu mas. Saya pake nikon D3000 VR Kit 18-55mm. Pengennya sih yang sapu jagat bisa tele ama makro tapi yg bugdetnya terjangkau!! Thanks sarannya?

tukangpoto mengatakan...

Kalo tele zoom + ada makronya pastinya harus ngerogoh kocek cukup dalem nih mas, bisa sih beli yg bukan merk Nikon, tapi ada kualitas ada harga.

jumialely mengatakan...

selamat pagiii

selamat menjalani hari rabu

Decy mengatakan...

klo ga salah , ayah ku pernah bilang, untuk foto makro bisa juga menggunakan kardus kecil sebagai penutupnya ..

tapi belum pernah aku coba ..hehe

tukangpoto mengatakan...

jumialely : slamat malam,mbak..soalnya baru online.

Decy : sebagai penutup apanya mbak Dec?

zenteguh mengatakan...

manggstaff mas. Ada beda gak auto sama manual focus untuk soal ini??

tukangpoto mengatakan...

auto fokus hanya bisa digunakan pada lensa makro nya.

sauskecap mengatakan...

wah keren-keren jepretannya... jadi pengen foto-foto juga...

tukangpoto mengatakan...

Ayo-ayo pada foto-foto..:D

Mamah aline mengatakan...

Pingin banget bikin foto makro yang detail namun indah... bisa nanti kasih saya posting foto makro denagn kamera digital kang, nuhun sateuacana

Bibi Titi Teliti mengatakan...

ckckck...
hebat...
itu foto koin ya?

free fontz mengatakan...

mantabz pak!
kuerreeeeen.....

si Paijah mengatakan...

makronya manteb om

tukangpoto mengatakan...

makasih-makasih..

elements of life mengatakan...

nah ini dia nih yang gw pengen banget bisa...
tapi terkendala oleh peralatan perangnya euy...
pernah nyoba pake compact camera, tapi hasilnya gak memuaskan euyy...


need IT??
http://www.linovtech.com

tukangpoto mengatakan...

kalo mau hasil yang maksimal memang sih peralatannya juga harus maksimal..:D

exort mengatakan...

keren fotonya
postingan lanjutannya mana mas?
penasaran ama peralatan yg bisa dipake buat foto macro

tukangpoto mengatakan...

Sebentar,mas sedang dipersiapkan.

cnok mengatakan...

wah..telat bgt bc postingan ini..maklum lg seneng maen kamera :D
Eh mas, aku jg lg mimpi bs bikin foto macro gtu tp lensaku msh lensa kit (Nikon D3000), kl nambah alat yg paling murah apaan dunk? :D
makasih..

tukangpoto mengatakan...

Pake reverse ring aja,mas..kalo harga sekarang saya kurang tau. Makasih.

cnok mengatakan...

duh..byk nanya neh! bs sebut merk gak mas? hehehe maklumlah pemula bgt! :D

tukangpoto mengatakan...

Merknya Canon,mbak..:)

cnok mengatakan...

mas...tolong lg dunk..sy udh telp2 toko kamera tny reverse ring tp kok pd gak ngeh ya..emang klo di pasaran namanya reverse ring jg?
sy udh cb telp ke FN, bursa kamera tp mrk gak pny (bkn lg kosong lho..)
makasihhhh bgt :D

tukangpoto mengatakan...

Coba mbak hubungi : Rudy Chayadi 0857-80-0707-29 ( sms only ).
Semoga membantu..:D

Asop mengatakan...

Ah, makro menarik... Saya masih nabung lagi untuk beli lensa makro... :D

xtreme581 mengatakan...

wah tambah pengetahuans saya tentang fotografi mas. ijin copas ya mas...

Beno Blog mengatakan...

wuis, berati harus beli lensa lagi nih


Mohon Maaf Saya Nitip Lapak
Watch No Ordinary Family , watch vampire diaries online , watch hellcats online , watch true blood online , askep , watch jersey shore online

Sugiana Hadisuwarto mengatakan...

Mau nanya mas, kalau lensa makro yang bagus dengan harga yang tidak terlalu mahal yang cocok dengan kamera saya, Canon eos 1000 D ada ngga ya? Mohon informasinya. Trims

tukangpoto mengatakan...

Lensa makro merk Canon yang sepertinya masih terjangkau adakah Canon EF 50mm f/2,5 macro harganya sekitar 2,9 jt an,mas. Semoga terbantu :)

deemd mengatakan...

wuaaa,, keren banget,,,