Sabtu, 28 Agustus 2010

Megapiksel

Sepertinya topik megapiksel ini tidak pernah habis untuk dibicarakan. Terutama oleh para penjual kamera yang selalu mengiming-imingi para konsumen awamnya bahwa semakin tinggi angka megapiksel sebuah kamera maka semakin baik pula gambar yang dihasilkannya.

Suka merasa terganggu juga sih jika suatu kali sedang motret lalu ada yang bertanya, "Kameranya berapa megapiksel, mas?" Seolah hanya faktor megapiksel yang menentukan bagus tidaknya gambar yang akan dihasilkan oleh sebuah kamera. Tapi lama-kelamaan saya jadi maklum sendiri, bahwa masih banyak yang salah informasi tentang megapiksel ini.

Sebagai informasi, piksel adalah elemen terkecil dalam sebuah gambar digital yang direpresentasikan oleh sebuah titik. Makin tinggi jumlah titik yang dikandung dalam sebuah gambar, makin tinggi pula nilai resolusinya maka semakin baik pula kualitas gambar digital tersebut.

Jika hasil dokumentasi anda hanya akan disimpan dalam PC atau hanya akan dicetak dalam ukuran postcard, sebenarnya kamera saku 6 megapiksel sudah dapat menghasilkan gambar yang bagus.

Hal yang lebih menentukan kualitas gambar yang akan dihasilkan sebuah kamera digital adalah sensor. Sensor dalam kamera digital ibarat film negatif yang menerjemahkan cahaya ke dalam gambar. Sensor dengan ukuran lebih besar dan berkualitas lebih berpengaruh ketimbang piksel dalam proses menghasilkan gambar yang baik.

Sebagai perbandingan, kamera DSLR 6 megapiksel bersensor besar bisa menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik daripada kamera saku 10 megapiksel bersensor kecil.

Semoga dapat membantu.

41 comments:

alamendah mengatakan...

(Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
Ternyata selama ini saya salah karena termasuk orang yang hanya mengukur lewat megapiksel saja.
hehehehe

tukangpoto mengatakan...

Nggak apa-apa, kang..

Kakaakin mengatakan...

Saya juga nggak ngerti tentang MP ini dan sekarang saya masih betah dengan kamera 2MP di hape :D
Sangat bersyukur bila ada cukup banyak cahaya :)

citromduro mengatakan...

saya pernah memiliki kamera canon 3,2 MP, sekarang ganti dengan LUMIX panasonic
pinginnya SLR tapi modal belum cukup
he.. :D :D

oh iya kayaknya kotak komentar lebih asyik kayaknya berada dibawah artikel

salam dari pamekasan madura

Krisna mengatakan...

bukanya semakin besar megapixel, cuma semakin besar jangkauan ukuran gambarnya? masih banyak faktor yg menentukan kualitas kamera. kalo menurut saya yg paling pengaruh adalah lensa

monda mengatakan...

untuk ngecek sensornya bgmn?

Chusnul Khairuddin mengatakan...

megapiksel memang tidak menentukan kualitas gambar, melainkan kuantitas. gambar dengan megapixel yang lebih besar otomatis akan berukuran lebih besar. selain itu, kamera dengan megapiksel yang lebih besar memungkinkan hasil cetak yang juga lebih besar (tapi ini masih tergantung berapa ppi-nya).

kalau urusan kualitas, apabila sensornya besar dan lensanya bagus, tapi direkam dengan memory card yang jelek, kualitasnya juga akan turun. jadi, jangan sepelekan hal-hal kecil.

di luar masalah teknis itu, saya masih percaya bahwa yang paling menentukan berkualitas tidaknya sebuah gambar adalah "mata" fotografernya.

Rita Susanti mengatakan...

Iya, saya juga selalu nanya pikselnya kalo beli HP yg berkamera...Habis yang suka digembar gemborkan pikselnya aja sih Mas, betu kata mba Monda, kalau mau ngecek sensornya di kamera HP gimana mas?

Yudie mengatakan...

asssek..
pengetahuan fotografi saya nambah terus lewat Blog ini..

salam..

muam_disini mengatakan...

oh...begitu yah..
pantas saja, selama ini saya hanya mengandalkan pocket camera 10MP, ternyata hasilnya kalah bening dengan DSLR 6MP..
harganya juga beda yah mas..hehehe...
so, kamera saku yang 10MP bisa gak di up grade sensornya..hehehe

tukangpoto mengatakan...

kakaakin : soalnya kalo gelap pasti banyak noise-nya..:)

citromduro : LUMIX panasonic cukup bagus,mas.

krisna : menurut saya semua elemen kamera berpengaruh dalam hasil foto.

monda : ngecek sensor yang di kamera mana nih,mbak?

chusnul : setuju,mbak, Fotografer memang dalangnya..:)

Rita : wah,ini mending ditanyakan ke teknisi HP aja,mbak..

Yudie : makasih,mas..

muam disini : sebaiknya teknisi nya aja yang menjawab ya mas..

darahbiroe mengatakan...

iya betul banget
kamera Hp q N 5mp
tapi kalah bagus hasilnya dengan kamera digitalku yang sama2 5Mp merek "S"

tukangpoto mengatakan...

Iya betul,mas..

ded mengatakan...

Lamanya juga nih ga dapat pencerahan dari Pak Tukangpoto......he3x

tukangpoto mengatakan...

Apakah sekarang sudah tercerahkan?

darahbiroe mengatakan...

mmpir lagi
sembari belajar tentang pixel pixel lan photo
salam jepret
:D

kanvasmaya mengatakan...

wah baru tau aku bang.. makasih yak info nya..

Anonim mengatakan...

percuma juga megapixelnya besar, tapi dpi nya kecil.
wempi pernah beli 10mp, tetapi dpinya cuma 72. jelek sangat...

Blogger Java mengatakan...

Apakah bisa jadi patokan, kalau semakin tinggi MP nya maka hasilnya akan bagus.

julie mengatakan...

keren
ternyata bukan cuma megapiksel yang menentukan gambar itu bagus atau gak ya mas

teguhsasmitosdp1 mengatakan...

saya memang suka otak atik gambar, tapi selama ini pakai ilmu perkiraan. Terima kasih ilmunya mas,...ijin copy paste

Planet Reath mengatakan...

masih harus belajar banyak kepada mas tukangpoto nich :D

tukangpoto mengatakan...

teguhsasmito : silahkan saja,pak..

planet reath : di sini kita sama-sama belajar,kok..

chocoVanilla mengatakan...

Walaaaah, baru tau aku :D

Maklumlah, selama ini asal njepret aja, yang penting momennya terabadikan :D

Salam, Mas.

Pakde Cholik mengatakan...

Sayapun kurang begitu ngeh soal megapixel mas. tetapi sekarang sudah agak mengerti deh.
salam hangat dari Surabaya

exort mengatakan...

ditunggu pembahasan tentang si sensor ini ya

orange float mengatakan...

berarti selama ini saya sudah salah mengartikannya

Saung Lik mengatakan...

Baru jelas sekarang nih ttg megapixel ini

Saung Web mengatakan...

Wah ini postingan bagus sob.. baru tahu n jelas deh sekarang

PLPBK Jepara mengatakan...

semakin besar megapikselnya, semakin besar ukuran filenya
(betul gak ya?)

tukangpoto mengatakan...

Betul sekali,mas.

Bisnis Murah mengatakan...

wah, baru tahu aye tentang arti kata itu

marsudiyanto mengatakan...

Makasih infonya tentang Pixel dan Megapixel...
Salam!

GK mengatakan...

Wah, ma'af mas, saya benar-benar blank tentang kamera, karena tidak pernah punya sejak kecil sampek kepala 3 ekor 9 ini.

attayaya jadi anak smp mengatakan...

sensornya itu yg ada tulisan CCD gitu ya mas?

tukangpoto mengatakan...

GK : mudah-mudahan sekarang bisa punya ya pak..

attayaya : benar,pak.

hitam mengatakan...

SETUJU...!! terkadang teman saya suka meremehkan ketika mendengar pixel di bawah 10,, jd suka emosi dengernya haha

tukangpoto mengatakan...

Maklumin aja,mas..itu berarti pengetahuan fotografinya perlu ditambah..:)

Beno Blog mengatakan...

alamedah selamat anda pertamax


Mohon Maaf Saya Nitip Lapak
Watch No Ordinary Family , watch vampire diaries online , watch hellcats online , watch true blood online , askep , watch jersey shore online

M. Khanif Nudiyanto mengatakan...

kamera2 saya ndak ada megapixel-nya.. tapi cuek aja ah.. yg penting tetap berkarya :D

bodet bey mengatakan...

terima kasih atas info yang sangat unik dan beda ini

Obat Tradisional Yang Sangat Efektif Menyembuhkan Penyakit Hepatitis