Jumat, 03 September 2010

Maaf pak, saya butuh buru-buru...

Sudah beberapa kali ini saya tidak bisa mengerjakan pekerjaan dari klien karena alasan di atas. Butuh cepat, buru-buru, sudah ditunggu hasil cetaknya dan sebagainya.

Sejak pertama kali klien menelpon saya dan mendeskripsikan kebutuhan fotografi mereka, secara otomatis langsung terbayang akan seperti apa komposisi fotonya, pencahayaan yang akan digunakan sekaligus dengan rencana olah digitalnya. Tapi ketika klien memberikan tengat waktu yang mepet untuk mengerjakannya, luntur sudah bingkai ideal yang tadi sudah terimajinasikan.

Untuk memulai sebuah pekerjaan atau assignment pastinya para klien itu sudah memperhitungkan jangka waktu penyelesaiannya. Begitu juga dengan bagian yang menyangkut kerja fotografi. Seharusnya mereka mengerti bahwa fotografi adalah kerja seni yang membutuhkan olah rasa akan keindahan. Dan pekerja fotonya butuh waktu untuk merenungkan serta mengaplikasikan keindahan tersebut.

Pekerjaan yang terburu-buru hanya akan merugikan kedua belah pihak. Pertama, bagi pihak klien; karena tidak mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal. Kedua, bagi pihak fotografer; karena tidak bisa memberikan hasil kerja yang maksimal dan citra yang kurang baik bagi portfolionya jika hasil foto tersebut kelak dipublikasikan.

Mudah-mudahan pemahaman kita akan kerja fotografi jadi bertambah dengan adanya pengalaman ini.


foto : Karib Munajat

63 comments:

marsudiyanto mengatakan...

Apapun kalau dikerjakan dengan buru2 pasti hasilnya tidak maksimal...
Selamat mengerjakan order Mas
Salam!

tukangpoto mengatakan...

Salam hangat dari Jakarta..

exort mengatakan...

nama juga klien, mereka pasti kurang mengerti gimana cara kerjanya seorang fotografer, taunya cuma foto cetak jadi deh. Tapi mungkin dengan memberi pemahaman tentang cara kerjanya kepada klien, klien dapat mengerti dan memberi tenggang waktu yg lbh lama

M Mursyid PW mengatakan...

Wah lagi rame order ni, Bang?

papuaku mengatakan...

Tapi klo client langganan pasti sudah paham ya Mas....Salam

Chusnul Khairuddin mengatakan...

yang ideal itu berapa lama mas waktu pengerjaannya? :)

Sriyono Suke mengatakan...

Yah, begitulah klien...
eniwei... moga tambah rame order potonya.. ;)

tukangpoto mengatakan...

exort : mudah-mudahan,mas..

Mursyid : nggak juga,pak..

papuaku : pastinya..:)

Chusnul : tergantung ordernya juga, itemnya banyak atau sedikit, tapi biasanya ya sekitar seminggu sampai 2 mingguanlah..

sriyono s : terima kasih,pak..

kyaine mengatakan...

boleh pesan buru2 hanya untuk pasfoto ukuran 3 X 4, atau 4 X 6 ya mas ;)

tukangpoto mengatakan...

Kalo untuk pas foto masuk akal,mas..hehe.

arkasala mengatakan...

habis lebaran sama bulan haji musim hajatan tuh, kebayang banyak yang mecut supaya buru2 jadi he he
Selamat sibuk ajah :)

tukangpoto mengatakan...

hatur nuhun,kang..:)

menone mengatakan...

bener bgt too........... pekerjaan yg dilakukan dengan buru2 insya Allah hasilnya juga ga akan sempurna............... q juga mengalami hal yang seperti itu............

si~jaya mengatakan...

Karena buru2 ... segi 'art ga optimal jadinya, sehingga hasilnya kurang sesuai dihati mas *tp dunk?

Nohara mengatakan...

mas mau nanya, untuk pemula yang ingin belajar fotografi, kamera apa yang bagus n tepat? makasih dan salam kenal!

genial mengatakan...

gtu dee klu berperan sebagai pemilik uang :( kadang menyebalkan :(

areks mengatakan...

boleh dong minta diajari nih :D

salam kenal dari surabaya

muam_disini mengatakan...

harusnya klien itu mengerti yah mas bahwa pekerjaan yang dilakukan dengan buru-buru hasilnya tidak memuaskan...

n.i.z.a.r mengatakan...

amat sangat setuju banget, seni gak bisa dipaksa cuy!

tukangpoto mengatakan...

nohara : Canon 1000D pasti cocok,mas. Salam kenal juga mas.

genial : begitulah kira-kira.

areks : kita belajar sama-sama,ya.

muam disini : kadang tidak setiap individu bisa mengerti.

attayaya jadi anak smp mengatakan...

aneh, mereka kok bilang "saya butuh buru-buru..."
biasanya org bilang "saya butuh makan..."
aku malah bilang "saya butuh bandwith internet yang kenceeeeeng..."
hehehehe
komenku ga nyambung banget dah

cHugy - gOgOg mengatakan...

Mungkin lebih baik Cepat dalam mengerjakan job dengan hasil yang memuaskan.Apalagi kalu klien kita kejar tayang.

Beda ga ya cepat sama terburu buru.?

tukangpoto mengatakan...

Lebih baik dengan waktu yang memadai daripada cepat atau terburu-buru..:)

teguhsasmitosdp1 mengatakan...

Semoga sukses, meskipun terburu-buru.

TuSuda mengatakan...

Setuju Mas, hasil yang terbaik bagi kedua belah pihak , membutuhkan waktu khusus, jadi tidak bisa dikerjakan tergesa-gesa.
SALAM Kenal, dari Kendari... :)

julie mengatakan...

hehe aku tuh salah satunya yang suka ngeburu2 kontraktor :p

tukangpoto mengatakan...

teguhsasmito : mudah-mudahan nggak usah pake buru-buru...:)

TuSuda : salam kenal kembali,mas..

Julie : hahah..ketauan deh belangnya sekarang..:P

Bibi Titi Teliti mengatakan...

yaaaa...kalo terburu buru mah...
jangan mengharapkan hasil yang maksimal laaaaah...

Kalo mau bagus pasti perlu waktu...

Bibi Titi Teliti mengatakan...

Maaaaaas...
Aku sekalian mau ngucapin...
Mohon maaf lahir batin yaaaa....
Kalo selama ini aku ada salah salah komen...
Maafkanlaaaaaah :)

joe mengatakan...

tapi gambarnya mak nyusss

Anonim mengatakan...

Hal yang bagus tidak dilihat dari terburu-buru atau yang lain an tetapi ketepatan dan skill yang baik *bener ga? saya asal ni ahahha

tukangpoto mengatakan...

bibi t t : sama-sama,bu saya juga minta maaf kalo ada salah-salah kata.

Joe : saya sendiri ngiler,mas..:)

anonim : ketepatan dan skill yang baik juga perlu waktu kan,mas, Nggak bisa terburu-buru...:)

mandor tempe mengatakan...

kalau di buru-buru "rasa" fotografinya bisa ilang. ndak ada gregetnya sama sekali.

tukangpoto mengatakan...

Benar, pak mandor..:)

M Mursyid PW mengatakan...

“Selamat Iedul Fitri 1431 H. Mohon ma’af lahir batin. Taqabalallah minna wa minkum”.

bundadontworry mengatakan...

Pada dasarnya kita ingin memuaskan pelanggan/klien dgn hasil yang maksimal ya Mas Didit, namun krn tuntutan yg berlebih dr klien, malah bisa jadi sebuah dilema ya.
salam

tukangpoto mengatakan...

Mursyid : sama-sama,pak..

bdd : begitulah dilemma di lapangan,bunda..

julicavero mengatakan...

yg buru2 pasti ga bagus hasilnya bro

volver mengatakan...

iya , padahal kalo buru-buru pasti kan hasilnya gak maksimal yah?

btwblogwalkinngg

teguhsasmitosdp1 mengatakan...

Sejalan dengan berlalunya Ramadhan tahun ini
Kemenangan akan kita gapai
Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi
Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa
Dalam kesempatan hidup ada keluasan ilmu
Hidup ini indah jika segala karena ALLAH SWT
Kang Guru Blog’s sekeluarga menghaturkan
Selamat Idul Fitri 1431 H
Taqobalallahu minna wa minkum
Mohon maaf lahir dan bathin

Oyen mengatakan...

mmm.. getu yah...
jangan2 poto warge kampong jengkol ancur gara2 begetu ya :(

maaf lair batin ya Pak :)

tukangpoto mengatakan...

maaf bu oyen, bukannya penampilan warga kampung jengkol memang sudah ancur dari sananya...:D

Sugeng mengatakan...

Dari Tabanan aku meminta dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata serta tulisan yang kurang berkenan semua itu karena kekhilafan saya sebagai manusia yang masih jauh dari sempurna.
Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin
Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

abifasya mengatakan...

Setelahnya melewati fase rahmah dan maghfirah semoga Allah swt membebaskan kita dari siksa api neraka dan menjadikan kita sebagai pemenang teriring doa : Taqabalallahu minna waminkum taqabbal yaa kariim"
Selamat Idul Fitri 1431 H
Maafkan Lahir dan Bathin

Salam hangat slalu dari kota hujan
*abifasya dan Keluarga*

si Paijah mengatakan...

selamat berkarya terus om, selamat idul fitri maapken Ijah

tukangpoto mengatakan...

Sama-sama,Jah..

si~jaya mengatakan...

taqabalallahhu minna wa minkum..

semoga kita dipertemukam kembali dg ramadhan 1432 H
amin ..

Chusnul Khairuddin mengatakan...

maaf lahir batin ya, mas kalo selama ini ada komen-komen yg nyelekit atau kurang berkenan. happy eid mubarak! :) semoga bisnis fotonya tambah sukses! amin ya Allah,

tukangpoto mengatakan...

Makasih ya mbak..:)

R. Indra Kusuma Sejati mengatakan...

Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi,
Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa,
Dalam kelembutan lidah ada juga keterlanjuran kata,
Dalam gurau tentu ada ikhlaf dan dosa,
Segenap Keluarga Besar Indra Kusuma Sejati dan
"Ejawantah's Blog"
Mengucapkan
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H / 2010 M
Taqobbalallahu minna wa minkum
Mohon Maaf Lahir Dan Batin

Salam untuk keluarga.

Saung Web mengatakan...

Wah selamat deh lagi marema nih.. met lebaran ya

Link Tea mengatakan...

Berkah ramadhan jadi banyak order ya.. siip n selamat idul fitri 1431 h maaf lahir dan batin

Bang NgangaN mengatakan...

saya bingung mau comment apa; yang pasti selamat idul fitri 1431 H mohon maaf lahir n batin..


salam kenal n happy blogging

tukangpoto mengatakan...

Nggak apa-apa,bang..salam kenal juga.

Ari mengatakan...

Ngelayanin pelanggan memang kudu sabar plus sepenuh hati, lha kita hidup dari mereka. Selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.

tukangpoto mengatakan...

..tapi pengertian dari mereka juga amat sangat dibutuhkan..:)

warungfoto mengatakan...

mantabhh dech,... salam saya link ke blog warung foto yah,....

Sumonggo mengatakan...

Alon alon waton kelakon mas hehe. . .
Salam kenal dari blog saya. .

tukangpoto mengatakan...

warung foto : ..boleh..

Sumonggo : salam kenal juga,mas..

Beno Blog mengatakan...

salam jepret gan


Mohon Maaf Saya Nitip Lapak
Watch No Ordinary Family , watch vampire diaries online , watch hellcats online , watch true blood online , askep , watch jersey shore online

Ipul dg.Gassing mengatakan...

pengalaman yang hampir sama sering terjadi sama saya..:-)

kadang boss atau orang lain minta didesainkan ini-itu tapi ngasih waktunya mepet banget..

beruntung kalau pas waktu itu sy lagi mood atau kepala lagi penuh ide, biasanya bisa saya kerjakan dengan baik..tapi kalo asli lagi blank ? ya akhirnya hasilnya juuga jadi-jadian..rugi dua-duanya deh..

M. Khanif Nudiyanto mengatakan...

informatif sekali blog-nya.. suka!
salam kenal mas :)

bodet bey mengatakan...

terima kasih atas info yang sangat unik dan beda ini

Obat Tradisional Yang Sangat Efektif Menyembuhkan Penyakit Hepatitis