Rabu, 19 Oktober 2011

Prospek bisnis fotografi

Bagaimana prospek bisnis fotografi di Indonesia saat ini? Bagi mereka yang pesimis tentu akan mengatakan; sudah banyak saingan, banyak newbie atau malah pemain lama yang rela banting harga demi memikat pasar, banyak yang mengaku fotografer padahal cuma sebatas rekayasa digital. Tapi bagi mereka yang optimis tentu akan berkata; pasarnya luas otomatis peluang masih terbuka lebar. Selama niat kita positif ingin memberi yang terbaik bagi masyarakat luas, kesempatan untuk maju dan berkembang selalu ada. Ini baru namanya semangat!

Lalu kira-kira faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan agar bisnis jasa fotografi ini bisa survive dan berkembang? Berdasarkan hasil ngobrol dengan teman-teman seperjuangan, pengalaman sendiri dan gugling sana-sini, faktor penentu keberhasilan tersebut dapat disarikan menjadi :


a. Lokasi.
Bagi yang ingin membuka studio foto atau cetak foto digital tentunya faktor lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh calon klien akan memberikan keuntungan lebih. Tidak ada patokan khusus untuk faktor lokasi ini, sebab nantinya tiap faktor akan saling berkaitan.


b. Promosi.
Tidak ada yang akan tau anda sedang bisnis apa tanpa sebuah promosi. Untuk promosi sebagai pemicu agar khalayak aware dengan brand fotografi anda, anda bisa pasang iklan di media yang segmentasi pasarnya sesuai, mengikuti pameran dengan tema yang sama atau promosi lewat media online dengan biaya yang relatif murah namun efektif. Seiring dengan berjalannya waktu, promosi dari mulut ke mulutlah yang terbukti akan paling solid dalam mendatangkan klien.


c. Segmen pasar.
Menggarap satu segmentasi pasar dengan serius akan lebih mendatangkan hasil yang signifikan daripada harus serakah bermain di segala segmen. Segmentasi pasar di sini diartikan apakah itu bisnis cetak foto digital, studio foto, fotografer freelance, kursus fotografi dan lain-lain. Sebab setiap segmen memiliki penanganan dan detail kebutuhan yang berbeda. Tapi jika anda memiliki modal yang besar tidak ada salahnya juga jika ingin membuat sebuah one stop photography service.

d. Inovasi produk.
Agar dapat dibedakan dari pemain yang sudah ada atau istilahnya 'stands out from the crowd', produk kita harus memiliki ciri tersendiri yang dapat ditonjolkan dan diandalkan untuk menggaet calon klien. Apakah itu hasil cetak fotonya yang selalu tepat waktu, foto wedding dengan aliran klasik yang kental, foto fashion high key nya yang asik, studio 3D nya yang menawan dan lain sebagainya.

e. Customer service.
Jangan pernah mengecewakan klien, jangan memberikan janji yang tidak bisa anda tepati, jangan pernah memberikan penawaran yang tidak bisa anda penuhi. Sebab sekali klien kecewa, hilang sudah kesempatan usaha kita dipromosikan secara gratis dan efektif lewat mulut ke mulut atau 'word of mouth' sehingga menyebabkan kita bisa kehilangan kepercayaan publik serta calon klien berikutnya.

Kelima faktor di atas tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Semuanya harus dijalankan secara terintegrasi dan berkesinambungan agar usaha kita bisa sukses dan berjalan lancar.

Jadi bagi yang ingin terjun di bisnis fotografi, jangan ragu pasarnya masih terbuka luas.

Semoga membantu.



gambar  :  Google search.

27 comments:

arif mengatakan...

cakupan variabel2nya udah cukup lengkap di atas, tinggal bikin strategi awal ajah disesuaikan dengan situasi dan kondisi, mgkn pake SWOT bisa jadi AKB-analisa kelayakan bisnis, versi mini :D

tukangpoto mengatakan...

..diteruskan aja mas, maklum hanya bisa memberikan gambaran besarnya aja.. :)

arif mengatakan...

@tukangpoto : wah lha saya ga mudeng fotograpi jhe, cm baru mudeng teori di atas kertas perihal yg saia sampekan td, minim aplikasi lapangan juga :D

cho mengatakan...

kira2 kalo pengen mulai bikin bisnis foto, modalnya berapa y mas?

tukangpoto mengatakan...

Modalnya kira-kira bisa dimulai dari 10 jutaan sampai tak terhingga, mbak :)

arie mengatakan...

datang lagi nih mas, maaf sebelumnya jika komentarnya tidak nyambung dengan tema postingan!

wah, ternyata blog mas sudah pada punya pagerank ya! apalagi blog yang ini, backlinknya ribuan!
mas bagi ilmunya dong, gimana biar bisa mendapatkan backlink yang banyak?

jawabannya saya tunggu, terima kasih sebelumnya! hehe...
http://arie-triyadi.blogspot.com

Baktiar mengatakan...

Tulisan yang bermanfaat mas, siapa tahu suatu ketika saya juga mau ikut bisnis fotografi. sayangnya sampai saat ini masih suka-suka aja hahaha

Rahmat mengatakan...

Menjanjikan nih bisnis fotografi

citromduro mengatakan...

mau nanya nih mas
saya punya kamera LUMIX FZ18,
kalau ditambah flash eksternal yang pakai sensor bisa tidak ya??

rencana mau dimanfaatkan buat studio photo kecil2an

terima kasih, salam dari pamekasan madura

tukangpoto mengatakan...

Kamera Panasonic Lumix FZ18 ini termasuk kamera prosumer yang memiliki spek lengkap untuk berkreasi,tapi masih belum dilengkapi hot shoe untuk tempat flash trigger jika ingin dilengkapi dengan flash eksternal tambahan, kecuali jika flash yang ada di body kamera yang ingin dijadikan trigger ya bisa-bisa aja mas..

Toko Baju Muslim mengatakan...

ummm,,, makasih yah info-infonya, keep to share GAN

julie mengatakan...

pasti tetep akan ada pelanggan kan mas?
sukses yaaa :)

tukangpoto mengatakan...

Selama penduduk Indonesia terus bertambah, pasar akan selalu terbuka, optimis! :P

Ria mengatakan...

kalau berbicara items diatas aku cuman mo ngomentarin segmen pasar. Bisanya segmen pasar jadi terjun bebas gara2 banyak yang punya camera SLR dan motret prawed karena hubungan pertemanan aja hohohohoho....gimana tuh mas? :D

ADMIN CERITA SERU mengatakan...

Blog dan artikelnya bagus, komentar juga ya ke blog saya http://ceritaserudewasa.blogspot.com

Skydrugz mengatakan...

hampir semua org sdh tw semua variabel di atas...malah sdh menerapkannya...semua kembali lagi ke rejeki masing2 orang :D

tukangpoto mengatakan...

Ria : bukannya mau mengecilkan kemampuan para hobiis, tapi untuk acara-acara penting sebaiknya serahkan saja pada ahlinya, biar nggak kecewa dan untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan :P

PT. USAHA SAUDARA MANDIRI mengatakan...

wih bisnis fotografi...
ane malah kerja di bisnis printing machine

isnuansa mengatakan...

Mas, meski memotretku masih hanya mengandalkan settingan hp standar selama ini, tapi pengen juga beli SLR biar foto yg dihasilkan keren. Tapi mikir juga, kalo hanya dipakai sebagai hobi, kok ya rasanya mubazir.

Mau bisnis juga, bingung bisnis fotografi apaan dengan kemampuan memotret terbatas?

Pengen sih ngembangin blogku yg satu lagi tentang jalan2, tapi kok ya kerja, jadi waktunya terbatas.

Deeehhh, daku labil deh... :(

Eh, btw, sukses terus ya sama usaha fotografinya!

tukangpoto mengatakan...

Jangan mengambil keputusan kalo masih labil..hehe
Makasih ya mbak Nuniek..

Pedagang DVD mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Pedagang DVD mengatakan...

Mas.. Maaf sebelumnya out of topik, kalau saya mau bisnis bareng, Joint sama mas.. ada kesempatan enggak Mas? Bisa kita diskusikan lebih lanjut, kebetulan saya di jakarta. Serius pingin berbisnis, dan sama saya juga tukang foto Mas. :)

Terima Kasih

Obat Herbal Jantung Koroner mengatakan...

infonya keren" ,,
sukses ia...

obat herbal penyakit hepatitis mengatakan...

nice to info...
sukses ia..

converse pas cher mengatakan...

backlinknya ribuan!
mas bagi ilmunya dong, gimana biar bisa mendapatkan backlink yang banyak?

bodet bey mengatakan...

terima kasih atas info yang sangat unik dan beda ini

Obat Tradisional Yang Sangat Efektif Menyembuhkan Penyakit Hepatitis

dedi sumandi mengatakan...

,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).