Rabu, 09 September 2009

Kekuatan Entrepreneur!

Suatu pagi, sehabis mengantarkan anak pertama saya ke dalam sekolah, saya menyempatkan diri untuk ngobrol dengan Pak Ucang seorang penjual susu kacang di depan sekolah ihwal usaha dagangnya.

"Pak, dagangan ama gerobak ngambil di mana nih?" tanya saya menyelidik.

"Wah, ini semua modal saya sendiri, pak, ngapain bikin kaya orang lain!" jawabnya mantap.

Malah ia sempat pula memamerkan sepeda motor bebek kreditan hasil jerih payahnya selama ini.

Kenyataan di depan mata ini sungguh menohok ulu hati saya. Pak Ucang, seorang penjual susu kacang saja punya jiwa wira usaha yang begitu besar, jika dibandingkan saya, seorang pekerja di bidang studio foto, yang sudah bekerja bertahun-tahun dan masih rela keenakan menjadi karyawan orang lain, tapi sambil terus mengeluhkan pendapatan yang pas-pasan.

Apalagi sewaktu saya kerja di sebuah studio foto tempat saya pernah menghabiskan waktu selama 7 tahun mengabdi dan sekarang studionya sudah mendapat label SUPER BRAND, boro-boro dikasih kredit motor, harus kerja kurang lebih 10 tahunan dulu katanya.

Bolehlah kita kerja untuk orang lain dulu sementara, untuk mempelajari gimana sih cara manajemen fotografinya dijalankan atau istilah kerennya belajar workflow nya. Sesudah paham benar, baru deh kita mulai merintis dari yang kecil-kecil dulu, seperti; liputan pernikahan, outdoor prewedding, sambil terus berpromosi, cari rekanan, dan sebagainya. Saya percaya dengan keuletan dan ketekunan, pasti doa dan usaha kita akhirnya diberi jalan.

2 comments:

Saung Web mengatakan...

Semoga pak Ucang jadi inspirator yg mampu mengubah pandangan dan niat yg kuat utk jadi seorang entrepreneur sejati... amin

tukangpoto mengatakan...

Iya, saya juga jadi terinspirasi dengan keyakinannya. Salut buat Pak Ucang!