Minggu, 13 September 2009

Tips praktis memotret anak-anak


Bisa mengabadikan ekspresi lucu anak-anak sudah pasti menjadi dambaan tiap orang tua. Hasil fotonya bisa dipajang di rumah, ditaruh di dompet, dishare sama seluruh keluarga atau dipamerin sama teman lewat facebook.

Sudah banyak tips-tips memotret anak tapi hanya berdasar pada teori belaka, tapi tips ini saya sarikan dari pengalaman sehari-hari ketika memotret klien anak-anak. Tipsnya sebagai berikut :


1 . Kamera. Kuasai kamera yang akan anda gunakan untuk memotret. Entah itu kamera milik pribadi atau pinjaman, yang penting anda tau kapan harus menekan tombol rana untuk mengabadikan momen. Jangan sampai anda terbentur oleh masalah teknis yang nggak penting tapi dapat mengganggu jalannya pemotretan.

2. Kapasitas memori. Siapkan kartu memori dengan kapasitas yang cukup besar ; antara 2 GB sampai 4 GB, sebab ketika memotret anak-anak kita nggak akan tau atau nggak akan memperhitungkan berapa shoot yang akan kita ambil, sebab hanya momen yang bagus yang kita cari.

3 . Waktu aktifitas. Perhatikan jam atau waktu ketika anak anda sedang giat-giatnya beraktifitas atau bermain. Sebab diwaktu-waktu itulah saat yang tepat untuk mendapatkan ekspresi yang bagus. Dan jangan kita paksakan untuk memotret ketika waktunya si anak harus beristirahat atau tidur.

4 . Natural. Buat suasana foto session ini menjadi senatural mungkin. Biarkan anak anda beraktifitas sesuai dengan minatnya. Naik sepeda, bermain di taman, bermain air di kolam renang atau sekedar bermain dengan mainan favoritnya. Tunggu agar anak anda tenggelam dalam aktifitasnya, sesekali panggil namanya, buat dia tertawa dan tangkap ekspresinya!

5 . Eye level. Usahakan agar anda memotret dari arah sudut pandang yang sejajar dengan posisi mata anak anda. Jangan membuatnya menjadi bertambah kecil dengan memotret dari sudut pandang orang dewasa dan membuatnya menjadi besar karena anda terlalu rendah mengambil posisi saat memotret. Kecuali anda bisa membuat momen atau ekspresi yang unik dengan angle-angle yang tidak biasa tadi.

6 . Tim penggoda. Jika anak anda masih berumur satu tahun ke bawah, anda harus mengajak orang bisa membuatnya tersenyum dan tertawa, karena anda sendiri akan sibuk konsentrasi di belakang kamera bersiap-siap menangkap momen yang tepat. Dunia anak adalah dunia bermain, ceria, dan tertawa, oleh karenanya momen dan ekspresi yang gembiralah yang sebaiknya anda tangkap. Agar foto tersebut bisa menjadi kenangan yang indah jika nanti dilihat kembali ketika ia sudah besar atau dewasa.

Semoga tips dari saya ini dapat berguna bagi anda yang ingin mengabadikan ekspresi anak yang lagi lucu-lucunya dan oh..ya anda bisa menambahkan poin-poin dari tips di atas agar lebih sesuai dengan keadaan anda. Selamat memotret!







12 comments:

Saung Web mengatakan...

Tips yang bagus nih.. makasih ya.. telah berbagi..salam kenal dariSaung Web

tukangpoto mengatakan...

Salam kenal juga untuk Saung Web...terima kasih sudah mampir.

H. Nizam mengatakan...

Salam kenal.
Terima kasih atas kunjungan anda
ke blog saya dan pesan anda.
Blog and memuat informasi bagus tentang photography.
multibrand.blogspot.com

Valentino Kokasih mengatakan...

Wow, Great Tips!
Thanks for sharing

Salam,

Foto Kota Bandung

tukangpoto mengatakan...

You're welcome, Kang Valentino..sami-sami.

sayanimbuzz mengatakan...

Thanks for visiting my site, I did also visit your blog...nice work, I saw many good science here! Thanks for being my good friend (~_^)!

tukangpoto mengatakan...

You're welcome, Mr. Buzz.
Thanks for sharing.

Aree mengatakan...

Hi thanks for a comment this girl very cute..thanks for sharing..

tukangpoto mengatakan...

Thanks to you too, Aree.

Mas Ben mengatakan...

Terimakasih Mas, langsung dijawab :)

Salam bentoelisan
Mas Ben

tukangpoto mengatakan...

Biar bisa sama-sama belajar,mas.

yayats38 mengatakan...

Tips keren neh .. kebetulan mo Ke Bandung lagi .. banyak ponakan buat praktek he he
Hatur nuhun Kang :)
Salam jebred eh jepret wkwkwk