Jumat, 19 Maret 2010

Serunya memotret yearbook SMA Santa Ursula

Seminggu kemarin saya mendapat job untuk memotret yearbook SMA Santa Ursula untuk lulusan tahun 2010. Job memotret yearbook memang kadang saya lakukan, tapi selama ini terbatas pada SMA yang memiliki murid laki-laki dan perempuan, jadi kesempatan ini adalah pengalaman pertama saya memotret untuk yearbook di sekolah yang muridnya perempuan semua.

Pertama kali menginjakan kaki di SMA yang berada di Jalan Pos no.2, Jakarta ini meninggalkan kesan yang mendalam bagi saya. Bangunan sekolah yang telah berdiri sejak tahun 1931, kalau tidak salah, tetap mempertahankan ciri khas bangunan jaman Belanda walaupun telah memiliki pula gedung yang baru di bagian yang lain. Jadi suasana klasik masih terasa sekali, malah diperkokoh dan dilestarikan.

Saya mengira akan menjumpai gadis-gadis yang kaku dan serius, tapi ternyata dugaan saya salah sama sekali. Lewat pengamatan seminggu berada di sana ternyata mereka adalah murid-murid SMA yang hangat dan ceria layaknya gadis-gadis seusia mereka. Walaupun terlihat pula disiplin serta orientasi belajar mereka yang tinggi. Selain ramah dan santun, mereka juga sarat akan prestasi baik akademis maupun non akademis.

Pada pemotretan yearbook kali ini mereka sudah menyiapkan tema-tema yang akan membuat penampilan foto kelas mereka berbeda yang satu dengan yang lainnya. Tema yang mereka pilih pun beragam. Ada back to 60, underwater, candy girl, musical dan lain-lain. Properti-properti yang akan mendukung penampilan mereka pun tak lupa mereka siapkan. Lalu soal gaya dan ekspresi ketika difoto nanti juga sudah direncanakan secara detil. Ada yang akan berpose seperti The Beatles ketika berjalan di Abbey Road, bergaya ala rockstar, sambil membawa hewan peliharaanya, gaya mafia tahun 30 an, malah ada yang minta difoto ketika mereka nge-dance.

Sebuah pengalaman baru buat saya dan sebuah perspektif yang ceria dan menyegarkan. Walaupun cerita roman ala 'Gita Cinta Dari SMA' yang dapat memompa hormon asmara para gadis di sekolah itu tidak mungkin terjadi, tapi bagi saya, Sanurians, you're rocks!



N.B. Sayang foto-fotonya belum boleh diupload karena yearbooknya belum resmi terbit.

32 comments:

nakjaDimande mengatakan...

cieee uhuyyy.. motretin gadis2 satu sekolahan. Pasti heboh ya dit?!

tukangpoto mengatakan...

Pastinya,bundo...

fadhilatul muharram mengatakan...

wow... santa ursula kan perempuan semua... hehe... butuh waktu berapa lama om motretnya? klo cewek2 kan biasanya ribet. hehe.

tukangpoto mengatakan...

Cuma seminggu kok,Dil, Soalnya semuanya sudah jelas jadwalnya dan mereka cukup disiplin.

guskar mengatakan...

ngomong-ngomong, fotografernya dipanggil dng 'om' apa 'mas' nih he..he..

NURA mengatakan...

salam sobat
keren mas hasil fotonya
SMA Santa Ursula.
waktu seminggu untuk motretnya,,
wah,,wah,lumayan tuh,,kirain cuma 1 hari kelar.

tukangpoto mengatakan...

guskar : kebetulan dipanggil 'mas' tuh,mas..hehehe.

NURA : kalo cuma satu hari biasanya pas foto,mbak.

Mamah Aline mengatakan...

asyiknya bisa motret para gadis, apalagi yang lagi narsis-narsisnya... kebayang deh... kapan yearbooknya terbit biar bisa liat foto lengkapnya kang didit

tukangpoto mengatakan...

Taun ini juga,mah..tapi persisnya belum tau.

Jumialely mengatakan...

Mantaps. Be creative Photographer.

Setiap tahun biasanya memang sekolah melakukan foto gaya, dengan berbagai properti, untuk album kenangan sekolah. sama seperti disini.

Sukses ya. Pasti berhasil.

tukangpoto mengatakan...

Terima kasih lho,bu guru.

marsudiyanto mengatakan...

Nunggu hasil foto yang lainnya...
Semoga lancar...

arkasala mengatakan...

hasilnya bisa presisi begitu yah .. keren Mas :)

tukangpoto mengatakan...

marsudiyanto : terima kasih,pak.

Arkasala : foto yang mana,kang?

alamendah mengatakan...

Motoin cewek satu sekolahan. Sekolahan yang muridnya cewek semua....
Kemarin kok gak ajak-ajak saya jadi asisten, sih....

sauskecap mengatakan...

wah kayanya asyik... dulu lulus sma cuma difoto pake seragam ngadep depan...

wempi mengatakan...

Knapa gak ngajak-ngajak sih om...
jadi pengarah gaya... biar bisa sentuh-sentuh. :D

tukangpoto mengatakan...

alamendah : waduh maaf nih,lupa menghubungi kang Alam..hehe.

sauskecap : sama saya juga cuma foto sekelas pake seragam plus pak guru wali kelas.

wempi : takut gadis-gadisnya pada nggak bisa tidur karena disentuh oom wempi...hehehe.

Bibi Titi Teliti mengatakan...

ckckck...
kreatif banget sih anak SMA jaman sekarang...
jamanku dulu foto tahunan paling cuma foto di depan sekolahan sambil pegang spanduk angkatan atau jari tangan nya sok sok metal...hihihi...tapi perasaan sih udah yang paling gaya:)

tukangpoto mengatakan...

Kalo saya buka lagi yearbook saya kok ya jadi suka ketawa sendiri ingat memorinya..hehe.

belajar blog mengatakan...

wah enak donk mas...
hohohoho...ntu sekolahnya cewe semua donk
kapan-kapan saya bakal menyelinap disana. hehehe

tukangpoto mengatakan...

Boleh-boleh,silahkan menyelinap,tapi jangan sampe ketauan pak satpamnya,nanti bisa dikebiri..hehehe.

Decy mengatakan...

ada salah satu contoh fotonya mas? :D hehee

tukangpoto mengatakan...

Nanti ya mbak Dec, kalo yearbooknya sudah terbit..hehe.

Rita Susanti mengatakan...

Wah mas Didit kalau motoin "daun muda" gitu pasti nambah semangat dunk ya? jadi terbawa muda lagi hehehe...pengen liat hasilnya, tapi enggak boleh ya??

Anonim mengatakan...

Kalo sekolah ursulin yang di jalan Pos malah saya belom tau. Yang saya tau di Juanda, malah pernah nginep di sana sebelum jalan2 ke Tidung.

Hmm, lumayan lama juga ya sesi fotonya bisa semingguan, hehe, belom lagi ngeditnya...

Emang nanti boleh dimuat di blog Mas hasilnya? Apa bukan ekslusif milik mereka?

(Isnuansa) maklum pake hape ga bisa dipilih Nama/ URL

J.U.N mengatakan...

kunjungan perdana!! :D

tukangpoto mengatakan...

Rita Susanti : nanti saya usahain untuk ngitip dikit.

Isnuansa : untuk bagian editnya ada sendiri,mbak.Pastinya sih saya minta ijin dulu.

J.U.N : salam kenal,selamat datang.

boyin mengatakan...

yang moto masih sma juga?hee

tukangpoto mengatakan...

..wah yang moto mah udah tua bangka cuman ikut-ikutan jadi muda lagi gara-gara berasimilasi sama yang ABG..:D

Ria mengatakan...

ini pengalamannya seru karena jobnya atau karena yang di potret cewek semua? hihihihihihi...

mana hasilnya liat dunk ;)

tukangpoto mengatakan...

Ini hasilnya mbak Ria, http://fjgaleri.blogspot.com/2010/09/yearbook.html