Selasa, 14 September 2010

Branding dalam fotografi

Ketika sebagian besar masyarakat kita mengasosiasikan merek 'aqua' untuk menunjuk kepada umumnya air mineral dalam kemasan, berarti merek tersebut telah berhasil dalam usaha brandingnya.

Secara umum, branding berarti sebuah cara untuk membuat masyarakat atau konsumen agar tertarik, mengingat lalu setia untuk menggunakan sebuah merek atau brand, malah kalau bisa menjadi fanatik dan dapat mempengaruhi orang lain untuk ikut menggunakannya.

Pada ranah fotografipun begitu, Pak Darwis Triadi contohnya. Setiap ada produsen kamera digital yang mengeluarkan produk barunya selalu saja menggunakan Pak Darwis sebagai duta produknya. Padahal di Indonesia ada banyak fotografer yang nggak kalah hebat karya serta dedikasinya. Tapi kenapa kalau soal menjadi duta gadget fotografi produk baru selalu saja Pak Darwis yang dipilih? Karena nama Darwis Triadi sendiri tidak hanya dikenal oleh kalangan fotografi saja tapi kalangan awampun sudah banyak yang mengetahuinya.

Jadi secara branding, nama Pak Darwis sudah sukses dikenal dan meraih kepercayaan akan jaminan mutu di bidang fotografi oleh berbagai kalangan.

Lalu bagi kita, sebagai insan penikmat dan penggelut fotografi, apakah kegiatan branding ini perlu dilakukan? Jawabannya tentu kembali berpulang kepada; sebagai media apakah kegiatan fotografi ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai sarana pendokumentasian biasa, hobi yang dapat menghilangkan stres, atau malah sebagai sarana pengisi periuk nasi?


Foto : tukangpoto

19 comments:

Ian D. Sitompul mengatakan...

sangat bermanfaat masukannya kawan,salam kenal.. :D

exort mengatakan...

awlnya gw pas baru beli kamera gw lebih liat mereknya tp setelah gw mikir gw harus punya kamera maka mulai memilih jenis dan tipe kamera yang gw butuhin tanpa terlalu memikiran brandingnya lagi, karena merek terkenal belum tentu dapat menyediakan produk yang benar2 sesuai dengan kebutuhan kita

anna mengatakan...

darwis udah jadi semacam 'jaminan mutu' kali ya mas...

kalo darwis itu aja udah mau make kamera tertentu.. artinya kualitasnya bagus.

padahal.. bisa jadi kamera lainnya pun nggak kalah kualitasnya.

tukangpoto mengatakan...

Ian D Sitompul : salam kenal,juga

exort : tapi sepertinya brand juga penting kalo-kalo kamera tersebut ingin dijual kembali..untuk diganti dengan yang lebih canggih..hehe.

anna : disitulah niscayanya kekuatan branding,mbak..:)

orange float mengatakan...

darwis triadi, karya-karya beliau memang keren tak salah namanya jadi branding

attayaya lampu colok mengatakan...

yuuuup
untuk menjadi branding pada sebuah produk perlu kerja keras

aulia87 mengatakan...

semoga tukangpoto juga jadi branding, kalau mau tahu seputar info2 terhangat saat ini :)

Pakde Cholik mengatakan...

sama dengan sanyo ya mas
setiap mompa air pasti bilang sanyo,walau mereknya lain.

Dulu di Cimahi selalu bilang "naik honda", walau angkot itu merknya bukan honda.

salam hangat dari Surabaya

tukangpoto mengatakan...

Persis seperti itu maksudnya,pakde.Kalo udah populer memang enak..:)

days of being dumb mengatakan...

betul mas, kalo dalam urusan bisnis branding emang perlu banget, supaya produknya laku .. apalagi sebagian besar orang kalo ngeliat produk, yg diliat pertama kali brandnya dulu (sering denger kan ada yg nanya: "lu agama[baca: merk kamera]nya apa?")

tapi bagaimana caranya membangun sebuah brand yg bisa dipercaya? di situlah tantangannya. :)

tukangpoto mengatakan...

Setuju sekali,mbak..:)

dina mengatakan...

branding, kalo punya uang berlebih, yah ga ada salahnya beli sekalian yg branding, tapi kalo uangnya pas2an, asal hasil fotonya bagus, trus kita enak makenya, ya seperlunya saja :D

julie mengatakan...

darwis triadi namanya udah senyawa dengan fotografi hehe

bundadontworry mengatakan...

enaknya kalau sudah menjadi branding ya Mas.
seperti juga di bukittinggi, semua motor gak penting apa merk nya , orang selalu menyebutnya honda .....hahaha.
bener2 hebat kekuatan sebuah branding ya Mas Didit
salam

tukangpoto mengatakan...

Tentu prosesnya sangat bermanfaat juga jika kita pelajari..:)

Beno Blog mengatakan...

bermanfaat nih artikelnya

Mohon Maaf Saya Nitip Lapak
Watch No Ordinary Family , watch vampire diaries online , watch hellcats online , watch true blood online , askep , watch jersey shore online

Qori mengatakan...

kalau menurut saya ya...

branding emang penting kalau berorientasi kepada popularitas sebagai fotografer professional. Kalau yang dibilang penulis pada akhir paragraf sebagai hobi penghilang stress, branding tidak terlalu penting.

Tapi ane sebisa mungkin bikin karya yang lain dari pada yang lain. Salam Fotografi

tukangpoto mengatakan...

Nah ini baru namanya semangat! Salam jepret!

bodet bey mengatakan...

terima kasih atas info yang sangat unik dan beda ini

Obat Tradisional Yang Sangat Efektif Menyembuhkan Penyakit Hepatitis