Sabtu, 10 Desember 2011

Olah rasa dalam fotografi

Ketika pertama belajar fotografi dulu, banyak sekali hal-hal yang bersifat teori dan teknis yang kadang membuat kita jadi nggak fokus terhadap apa yang menjadi prioritas utama dalam mempelajari fotografi, yaitu praktek. Ya, fotografi adalah 10% teori dan 90% praktek, malah saya berani menjamin bahwa pelajaran teorinya akan lebih melekat jika dilakukan sambil praktek. Learning by doing. Karena pada akhirnya kita diharapkan dapat melihat dan mengabadikan hal-hal biasa menjadi indah lewat olah rasa akan keindahan dalam mata fotografis tanpa terbebani oleh hal yang sifatnya teoritis.

Untuk membiasakan agar mata kita dapat melihat keindahan lewat kacamata fotografis, berikut hal-hal yang bisa kita lakukan :


a. Menguasai praktek teori dasar.
Walaupun kita nggak harus menguasai teori dasar fotografi secara mendetail dan menjadi expert tapi setidaknya kita tau bukaan rana berapa yang digunakan jika kita harus membekukan gerakan anak-anak yang sedang bermain bola, melakukan teknik 'panning' pada orang yang bersepeda, memblurkan latar depan atau belakang objek foto kita, lensa berapa milimeter yang cocok untuk memotret pemandangan dan praktek teori dasar lainnya. Hal ini diperlukan agar kita bisa mengantisipasi dengan tepat jika ada momen bagus yang terjadi di depan mata dan kita hanya memiliki waktu sekian detik untuk memutuskan pendekatan teknis yang mana yang akan kita gunakan untuk mengabadikan momen tersebut.

b. Self assignment.
Asah kepekaan visual anda terhadap sebuah objek. Sebagai contoh, objeknya adalah sebuah apel. Beri sebuah tugas pada diri anda bahwa selama sebulan anda hanya akan memotret objek yang bertemakan buah apel. Buah apel tersebut bisa anda potret dari berbagai sudut pandang, bisa dibelah, ditancapkan pada sebilah pisau, ketika sedang digigit oleh seorang teman, buah-buah apel di dalam troli di supermarket dan sebagainya. Gunakan imajinasi anda. Ganti tema tugas ini setiap bulannya. Tujuan dari latihan ini adalah untuk mengasah kepekaan serta memperkaya imajinasi visual anda terhadap objek-objek yang ada di sekeliling kita.

c. Evaluasi.
Mintakan pendapat guru atau senior terhadap karya fotografi anda. Dengarkan apa yang bisa diperbaiki atau ditingkatkan. Pendapat konstruktif mereka akan sangat berharga karena sedikit banyak pengalaman visual mereka sudah lebih kaya, hal ini dapat menjadi barometer untuk mengetahui sudah sampai sejauh mana anda bisa menyerap dan menerapkan ilmu fotografi  yang dipelajari selama ini.

Semoga tips di atas dapat membantu sahabat untuk mengolah rasa, menambah kepekaan akan keindahan visual lalu mengaplikasikannya dalam sebuah karya fotografi.


"..bukan cuma soal kamera, tapi imajinasi yang melampauinya."


foto  :  tukangpoto

15 comments:

Ladang Jiwa mengatakan...

Didit, cek fb dong.. Bundo nanya sesuatu via message. :)

tukangpoto mengatakan...

Udah dijawab ya, bundo :)

cho mengatakan...

jlep! dari dulu kepikiran buat njalanin tips nomer 2, tp sampai skrg belum ada perwujudan .. :(

tukangpoto mengatakan...

belum terlambat kok mbak kalo mau mulai sekarang :)

arie mengatakan...

absen mas, makin keren aja nih postingannya :)

ditunggu postingan selanjutnya, dikit-dikit mencari ilmu tentang fotografi

wandira photograph mengatakan...

siiip...setuja mas brader...hehe...lam kenla ya, dari wandira photograph..:)

tukangpoto mengatakan...

arie & wandira : terima kasih atas apresiasinya, mas.. :)

pasang iklan baris gratis tanpa daftar mengatakan...

thank's artikelnya bagus,,salam kenal & yang mau PASANG IKLAN BARIS | PASANG IKLAN ONLINE

alexa mengatakan...

waww,,
olahraga emang assik,,
sekali,..
mungkin kalau ada waktu mampir dulu di sini ya,,,
http://www.unsri.ac.id/
terimah kasih..

Obat Herbal Jantung Koroner mengatakan...

salam kenal ia mas didit...

obat herbal penyakit demam berdarah mengatakan...

salam kenal ia kang..

oabt herbal penyakit komplikasi mengatakan...

keren postingan nya ia...
sukses selalu.....

obat herbal penyakit stroke mengatakan...

buat post nya keren gan..
salam kenal ia om....

bodet bey mengatakan...

terima kasih atas info yang sangat unik dan beda ini

Obat Tradisional Yang Sangat Efektif Menyembuhkan Penyakit Hepatitis

Cara Mengobati Bronkitis Ibu Hamil dan Ibu Menyusui mengatakan...

tipsnya menarik dan sangat bermanfaat buat dicoba...