Rabu, 07 Oktober 2009

Photoshop is the King



Apa pendapat anda setelah menyaksikan tayangan di atas? Bahwa photoshop dapat melakukan apa saja terhadap sebuah hasil foto. Bahwa kita bisa memanipulasi hasil foto sampai sejauh batas imajinasi kita dan dunia fotografi tidak seperti dulu lagi. Semua dapat dilakukan hanya dengan mengklik sebuah tetikus.

Teman wanita saya yang berbadan subur dan masih singel pernah merombak foto dirinya di sana-sini dengan menggunakan photoshop sampai jadi langsing lalu mengirimkan fotonya ke salah satu situs jejaring sosial tempat dia menjadi anggota. Saya jadi bingung kepalsuan atau persahabatan yang dia tawarkan?

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi membawa kemudahan di segala bidang, termasuk fotografi. Dan tidak munafik saya juga menikmatinya. Tapi jangan sampai kita lalu melupakan esensi dari fotografi itu sendiri, yaitu melukis dengan cahaya bukan dengan photoshop. Saya sendiri lebih suka menyebutnya dengan digital imaging daripada fotografi digital. Lalu bagaimana dengan pendapat teman-teman?

8 comments:

tiyo avianto mengatakan...

wah setuju tuh

tukangpoto mengatakan...

Makasih mas Tiyo sudah mau mampir.

Saung Web mengatakan...

Hahaa. yg paragraf 2 itu ..hehee.. berarti jamu pelangsing tubuh gak laku doong.. hihihi... siiplah.. soal utak-atik template.. nembe diajar.. ulah waka digareuwahkeun heula.. ke pundung..

Blooges mengatakan...

Pada dasarnya hanya dari keperluanya saja mas, misalkan :seperti seorang animator memerlukan photoshop untuk merubah wajah manusia biasa menjadi sebuah manusia animasi ,yang ada pada benak animator tersebut sedangkan seorang photographer memerlukan photoshop untuk menghilangkan efek redeye pada mata model yang difoto. yah itulah kemajuan teknologi. ini pun sekaligus mengajarkan kita untuk tidak gampang percaya begitu saja dengan sesutu yang indah dari luar saja, haha.. (^^)

tukangpoto mengatakan...

Jamu pelangsing tubuh masih laku kang buat di dunia nyata mah.
Memang photoshop hanya sebagai alat tapi idealisme sedikit-sedikit mah masih harus tetap dijunjung,biar nggak melenceng gitu...

Saung Link mengatakan...

Wow.. mesti sering2 mampir ke sini dong.. banyak ilmu disini.. hehe.. makasih telah berbagi ya...

Rita Susanti mengatakan...

Wah, betul sekali tuh mas. Zaman yg serba digital ini photoshop memang bisa membuat imajinasi sesuai dengan yg diinginkan. Yah mungkin kasarnya bisa dibilang menipu mata lahir kita bila melihat hasil akhirnya. Tapi kalau sejauh masih digunakan untuk sebuah kebaikan saya fikir kita harus dukung, tetapi bila sudah untuk hal2 seperti penipuan, nah itu yang harus dimusnahkan! :)

tukangpoto mengatakan...

Setuju dengan pendapatnya mbak Rita.