Rabu, 05 Mei 2010

Pengalaman belajar memotret model

Ketika pertama kali belajar memotret manusia sebagai model, saya jadi teringat senior saya yang pernah mengatakan bahwa jika ingin belajar memotret model sebaiknya menggunakan model yang tidak berhubungan atau awam dengan dunia fotografi, tidak cantik atau tidak tampan, tidak luwes atau dengan kata lain pilihlah yang tidak fotogenic.

Jika belum apa-apa kita sudah menggunakan model yang fotogenic, berarti kita akan kehilangan kesempatan untuk belajar dasar-dasar dari memotret model itu sendiri.

Bagaimana membuat model yang tadinya kaku menjadi terbiasa di depan kamera, yang disuruh tersenyum saja susahnya minta ampun sampai akhirnya bisa tertawa lepas, mencari angle-angle yang menjadi kelebihan seseorang dan menutupi kekurangannya, sampai akhirnya belajar mengarahkan seseorang hingga ia bisa menjadi dirinya sendiri dan menghasilkan sebuah foto yang layak.

Komunikasi memang menjadi hal yang penting di sini. Bagaimana kita berkomunikasi kepada seorang anak kecil, remaja, orang yang lebih tua, semuanya itu mempunyai cara pendekatan yang berbeda-beda hingga akhirnya bisa menghasilkan foto yang sesuai dengan karakter masing-masing.

Dari pengalaman ini saya jadi belajar bahwa ternyata fotografi itu tidak hanya sekedar senyum dan jepret saja. Semakin kita mendalami semakin banyak hal-hal yang harus kita pelajari, sebagaimana bidang-bidang ilmu lainnya.

Tapi selama kita mencintai dan menikmati apa yang kita pelajari, semuanya tidak menjadi masalah.

Salam jepret!


sumber foto : facebook.com/Chusnul Khairuddin

55 comments:

kyaine mengatakan...

hwa, berat juga "tugas" fotografer dalam menangani seorang model, mesti tau mengenai ilmu psikologi dan bisa memahami dan membaca karakter seseorang.
berhadapan dng model profesional saja susah apalagi ini baru calon model ya :D

tukangpoto mengatakan...

Kalo yang susah bisa kita kuasai tentunya tidak masalah jika menghadapi yang lebih 'mudah'..:D

alamendah mengatakan...

(maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
Wah kudu mulai dari dasarnya dulu kalo mau belajar, ya?

alamendah mengatakan...

(maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
komen saya nyasar kemana, nih. kok gak mau muncul?

tukangpoto mengatakan...

Ah, si akang kayak orang baru aja..

sauskecap mengatakan...

kalau gitu saya milih njepret model yang ga perlu diajak omong deh...

nakjaDimande mengatakan...

klo begitu bundo bisa jadi model buat fotografer pemula..

Delia mengatakan...

kalo gitu bisa dong photo lia nggak photogenic nih.. (langsung ditimpuk deh sayah )

Lia suka photo2 pake kamera digital biasa.. ini aja sudah mengasyikan apalagi benar2 belajar ya..

Mau beli kameranya tapi mahal..hikss hikss...

salut...:)

tukangpoto mengatakan...

sauskecap : ya udah moto makanan aja..:D

nakjaDimande : boleh-boleh,bisa banget,Bundo..

Delia : jangan patah semangat,Del..teruskan belajarnya sambil nunggu tabungan cukup..:D

jumialely mengatakan...

semakin banyak belajar semakin berat ujiannya ya mas, semakin besar juga kenikmatannya

tukangpoto mengatakan...

kenikmatannya itu yang tiada duanya..

darahbiroe mengatakan...

heheh
kirain asal jeprat jepret
ternyata meski yang di foto model jg menggunakan trik ya

antok mengatakan...

belajar dari pengalaman
ahhhh
salam jepret

tukangpoto mengatakan...

darahbiroe : memamng semuanya ada prosesnya..

antok : pengalaman guru yang paling baik..:D

bundadontworry mengatakan...

ya udah deh , moto2 utk postingan blog aja deh :)
salam

tukangpoto mengatakan...

Ah,bunda jangan berkecil hati gitu dong..:D

zenteguh mengatakan...

wah, iya bener juga ya mas. Kalo moto yang fotogenit, hasilnya tampak bagus. Berarti saya ini sebenarnya model yang pas buat para fotografer pemula..:D

tukangpoto mengatakan...

boleh juga tuh mas,buat ngelamar ke pak Darwis...:D

Bibi Titi Teliti mengatakan...

Kayaknya motret anak kecil paling gede tantangannya ya mas...

kita pernah ke studio buat motret Kayla & Fathir barengan....fotografer nya sampe keringetan...hihihi...

UQI mengatakan...

Hasil jepretannya mana mas? kasih spesifikasi dunk agar bisa mendapatkan / menghasilkan foto model yang berkualitas

tukangpoto mengatakan...

bibitititeliti : iya yang nggak tau mah pasti ngeremehin,yang jelas sih paling butuh kesabaran.

UQI : bisa dilihat diblog ini ,Qi.

jumialely mengatakan...

soreeeeeeeeeeeee mas fotographer

yuk ke rumahku cari clue :)

tukangpoto mengatakan...

baiklah..

joe mengatakan...

wah enak dong, kalo fotomodel nya cakep...

Kakaakin mengatakan...

TErnyata gak asal jepret ya... hmm... fotografernya kudu ngerti banget sama modelnya nih :)

tukangpoto mengatakan...

joe : yang enak yang kooperatif..:D

kakaakin : namanya juga pekerjaan,mbak..

UQI mengatakan...

dimana ya mas ya?

tukangpoto mengatakan...

di setiap postingan blog saya yang berkredit foto oleh tukang poto, jadi harus dibuka satu-satu,mas..:D

david mengatakan...

Ternyata seni fotografi bukan sekedar memotret obyek yang menarik, tetapi malah harus belajar dari yg tidak menarik supaya menghasilkan sesuatu yg luar biasa, trimakasih memberikan pengetahuan baru.

tukangpoto mengatakan...

makasih ya,David.

lyna riyanto mengatakan...

sipp..
jadi lebih pede
setelah baca posting ini
makasih mas ilmunya

:)

tukangpoto mengatakan...

terima kasih jika tips nya bisa membantu anda.

ketawa bersama oby mengatakan...

perasaan aku pernah komeng di sini deh
ko ilang yah T,T


ya dah deh komeng lagi aja
mas tukang photooo...
mu tanya donk
supaya foto kelihatan lebih baik , apalagi kalau buat foto keluarga
angelnya darimana yah yg baik???

tukangpoto mengatakan...

Kalo buat foto keluarga usahakan angle yang tidak terlalu ekstrim,tapi masih bisa disesuaikan dengan temanya juga sih..keluarga formal, santai, funky dll.

Abula mengatakan...

fotografer,,, benar2 profesi yang unik dan menarik ...

tukangpoto mengatakan...

Semua profesi sepertinya unik,mas karena nggak ada yang benar-benar sama. Makasih sudah berkunjung.

elmoudy mengatakan...

setuju mas...
memang perlu pendalaman, hingga benar2 nyatu antara fotografer dengan obyek yg difoto... gak boleh terlalu bernafsu dan harus bisa rileks.. apalagi kalo obyeknya cantik n seksi. wah ini yg beraaat heheee

SAS mengatakan...

mudah tapi susah... apalagi kalo jarang pegang camera ya mas.... hehehe... sy suka potret sana potret sini tapi susah taknik angle nya.. bener susah....

ketawa bersama oby mengatakan...

hihihih
makasih yah mas....
:D

tukangpoto mengatakan...

elmoudy : wah,pastinya bang moudy suka foto-foto juga ya?..:D

SAS : wah jangan patah semangat dulu dong,mas..pelan-pelan saja..yang penting dinikmati..:D

Oby : makasih kembali ya..:D

sentil mengatakan...

untuk belajar dasar foto, lebih baik dari obyek yg tidak bergerak seperti pemandangan atau obyek orang (bergerak) pak??

tukangpoto mengatakan...

Bagi yang baru belajar sebaiknya jangan mempersempit lingkup obyek foto anda, kalo bisa semuanya dipelajari, bergerak maupun tidak bergerak.

Florida Drug Rehab mengatakan...

Nice posting,Really I appreciate your work on this blog.

tukangpoto mengatakan...

Thank you very much..

sentil mengatakan...

thx bro for advicenya

tukangpoto mengatakan...

sama-sama,bro..

Plesiran mengatakan...

kapan saya di jepret untuk iklan foto jurnal ha ha ha ha
salam hangat dari Surabaya

tukangpoto mengatakan...

tunggu tanggal mainnya,pakde...hehehe.

Decy mengatakan...

OOhh berarti aku yg narsis ini bisa juga dijadikan model oleh photographer pemula donk .heheheheh * bcanda

tukangpoto mengatakan...

oh, bisa banget,mbak silahkan kontak kalau berminat..:D

chusnulkhairuddin mengatakan...

salam kenal, mas :)

tukangpoto mengatakan...

Salam kenal juga,mas.
Oh ya fotonya saya pinjem nih,mas.
Semoga nggak keberatan. :)

chusnulkhairuddin mengatakan...

Ga keberatan, emang udah diikhlasin waktu diposting di facebook. Malah ga nyangka, ternyata bakal dipake. Btw, manggilnya "mbak" aja.

tukangpoto mengatakan...

Oh ya, kalo begitu makasih banget ya mbak..:)

Beno Blog mengatakan...

wikz,, pengen dong motret model


Mohon Maaf Saya Nitip Lapak
Watch No Ordinary Family , watch vampire diaries online , watch hellcats online , watch true blood online , askep , watch jersey shore online