Senin, 31 Mei 2010

Kenali kamera anda

Belakangan ini masyarakat kita dimudahkan oleh modus auto yang memang sudah tersedia di tiap perangkat digital yang dimilikinya. Biasanya terdapat pada perangkat digital yang dapat membantu memudahkan kegiatan serta aktifitas manusia modern pada kehidupan sehari-harinya. Baik itu televisi, pendingin ruangan, mesin cuci maupun sepeda motor.

Begitu juga dengan kamera DSLR dan kamera saku digital yang kita gunakan. Modus auto pada kamera digital memberikan kita kemudahan untuk mengantisipasi jika ada momen mendadak yang ingin kita tangkap.

Bagi yang hobi fotografi, ketergantungan pada modus auto ini tentu saja sangat tidak dianjurkan. Selain mengurangi penguasaan pada kelebihan kamera serta fitur-fiturnya juga akan membatasi kreatifitas di dalam menghasilkan karya foto.

Mengenal dan menguasai penggunaan kamera pribadi masing-masing dapat dilakukan dengan cara :

1 . Baca buku manualnya.

Biasanya kegiatan ini yang paling segan untuk dilakukan oleh para fotomania. Tapi dengan membaca manualnya kita akan memiliki gambaran secara menyeluruh tentang cara kerja, kemampuan serta kelebihan dari kamera kita.

2 . Eksplorasi kamera.

Coba dan tes seluruh kemampuan dari kamera anda. Coba satu-persatu seluruh modus yang tersedia, tentukan fokusnya, atur kecepatan serta diafragma, perhatikan eksposur, ubah sensitifitas ISO nya. Perhatikan setiap perubahan yang dihasilkan dengan mengamati hasil fotonya.

3 . Data teknis.

Baca dan pahami setiap data teknis dari foto-foto yang dihasilkan oleh kamera anda, khususnya hasil foto yang anda anggap bagus dan menarik serta mewakili selera pribadi anda.

Dengan pengenalan dan penguasaan yang baik terhadap cara kerja dan kemampuan kamera pribadi, diharapkan agar kita dapat mengantisipasi setiap momen yang ingin kita tangkap dan menghasilkan karya-karya ciamik dan luar biasa.


Kredit foto : gambar di atas adalah kamera SLR pertama saya ketika memulai hobi fotografi, Yashica FX-3 super 2000.

Sumber foto

32 comments:

alamendah mengatakan...

(maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
termasuk untuk kamera saku, ya?

Rumah-sehat afiat mengatakan...

jadi inget kamera saya, dah lama ga digunakan. salam kenal

kawanlama95 mengatakan...

Kamera itu sekarang mahal banget , tapi hasilnya bagus loh.salam sehat

Rita Susanti mengatakan...

wah kalo aku punya nya kamera di HP doang mas hehe...

kobun mengatakan...

"Kenali kamera anda", kalo bisa ajak 'maen' setiap hari. Biar lebih akrab getoo.

exort mengatakan...

walah yg namanya baca buku manual pasti bikin males, terkadang bukannya jadi jelas malah jadi bingung, mending nanya ama orang yg uda tau atau mengeksplor atau nyoba2 setiap instrumen dan modus yang ada

Mamah Aline mengatakan...

yang saya liat pertama kali ya merk, trus pixelnya, nyoba pictnya bagus engga tapi gak pakai buku manual kalo gak kepepet

tukangpoto mengatakan...

alamendah : termasuk,kang.

Rumah-sehat afiat : salam kenal juga.

kawanlama95 : nggak harus yang mahal kok,mas..:D

Rita Susanti : yang di HP juga bisa dimaksimalkan kok,mbak..:D

kobun : betul,betul,betul...

exort : he..he..he..bikin males tapi bisa jadi sangat penting lho,mas dan lebih baik kalo kita praktekin sendiri lebih dulu sebelum kita bertanya ke orang lain, kalo udah kepentok baru deh..:D

mamah Aline : memang kayaknya itu yang menjadi penyakit kita ya,mah. Males baca-baca yang berbau teknis...:D

jumialely mengatakan...

sak punya kamera keren begitu :D

pengen kenalan ama kamera-kamera keren...

thankyou atas tipsnya mas

Ari mengatakan...

saya malah belom punya nih, jadi pengen beli kamera buat motret acara makan-makan

HALAMAN PUTIH mengatakan...

Saya juga punya yashicha tapi yang automatic. Pengennya yang praktis aja deh...

tukangpoto mengatakan...

jumialely : sama-sama,mbak.

Ari : wah,kebetulan dong,mas.

HALAMAN PUTIH : oh ya nggak pa-pa,mas..salah satu kepraktisan digital.

tukangpoto mengatakan...

Ari : eh, mbak Ari maksudnya..:D

kyaine mengatakan...

kadang saya ini sok tahu dng peralatan baru, tanpa baca manualnya dulu. main pencat-pencet, hasilnya nggak karu2an.. klo sdh begini baru deh buka buku manualnya :)

julie mengatakan...

whoaaa itu kamera alm bokapku yang dulu sering kupake jaman smp duluuuu
mas eko masih nyimpen?

si Paijah mengatakan...

kadang kita males baca manual booknya, padahal banyak hal informasi yang perlu kita ketahui di sana, males memang tapi saya sedang membudayakan membaca manual dahulu baru kemudian nyemplung utak-atik sesuatu

tukangpoto mengatakan...

Kyaine : biasanya memang begitu,mas...:D

Julie : sayangnya udah dilego mbak Jul, nggaak dipake malah takut jamuran..:D

sipaijah : sebuah usaha baru yang patut diapresiasi nih,mas..:D

Kakaakin mengatakan...

tetep, kameraku cuma yang di hp, sama kayak Rita :D

PakOsu mengatakan...

Saya pengen tuh kamera yang ditampangin fotonya, keren euy. Tapi harganya masih jauh dari kantong...

tukangpoto mengatakan...

Ini mah kamera jadul,pak. Masih pake film,harga secondnya sama kayak harga kamera saku digital jaman sekarang..:D, kalo emang berminat banyak yang nawarin..

baktiar77 mengatakan...

Batul mas, dengan mengenali kekurangan kita bisa memaksimalkan kemampuan yang ada dan gak gampang tergiur tawaran ini-itu kamera yang baru tiap bulan hehehe

tukangpoto mengatakan...

Setuju,mas..

muamdisini mengatakan...

waktu pertama saya beli kamera digital, belum sempat baca2 buku manualnya sudah gatel ingin pake...
pas baca2 lagi, ternyata saya baru tau mana hal yang harus dan jangan dilakukan...
hufh...

ingin punya SLR tapi belum bisa beli (T_T)...

maaf mas baru berkunjung lagi nih..

tukangpoto mengatakan...

sama-sama,mas saya juga belum berkunjung lagi ke tempat sampean..:)

BlogCamp mengatakan...

sejak ada kamera digital saya nggak pake kamera biasa mas. malah ngglethak di almari,mungkin dah jamuran,belm saya cek lagi.
Thanks tipnya

tukangpoto mengatakan...

memang begitu biasanya,pakde..kalo ada yang baru, yang lama tersingkirkan..

Ipul dg. Gassing mengatakan...

btw, kameranya sama kek kamera saya..
hehehe..
sampe sekarang masih ada, cuma udah lama gak kepake...

tukangpoto mengatakan...

Tinggal dirawat aja mas jangan sampe jamuran, kali-kali aja harganya bisa naek...:D

Bibi Titi Teliti mengatakan...

ooo...begitu tooooh...
*ntar biar suruh abah aja yang meriksa in deh*

tukangpoto mengatakan...

Oh ok deh..

Beno Blog mengatakan...

emang khas ya kamera itu
pegang ini bisa pegang itu nggak bisa


Mohon Maaf Saya Nitip Lapak
Watch No Ordinary Family , watch vampire diaries online , watch hellcats online , watch true blood online , askep , watch jersey shore online

bodet bey mengatakan...

terima kasih atas info yang sangat unik dan beda ini

Obat Tradisional Yang Sangat Efektif Menyembuhkan Penyakit Hepatitis