Jumat, 23 Oktober 2009

Aperture dan shutter priority


Aperture priority dan shutter priority adalah modus semi otomatis yang biasanya ditanamkan pada kamera saku tingkat advance dan entry level pada kamera DSLR. Tapi seperti biasa, para pengguna kamera pada umumnya lebih memilih feature full otomatis agar mereka tidak usah terlalu banyak mikir tinggal bidik dan jepret. Beres.

Padahal dengan sedikit kreatifitas dan pemilihan pada kedua modus ini anda bisa menghasilkan foto yang tidak biasa-biasa saja. Memang diperlukan banyak latihan agar anda bisa menguasai modus ini, tapi semua itu sepadan.

Berikut pengertian dari kedua modus ini :

Aperture Priority ( Av )
Jika modus ini dipilih, anda tinggal mengatur setelan diafragma ( f ). Lalu shutter speed atau bukaan rana secara otomatis disesuaikan menurut keadaan obyek foto. Modus ini digunakan untuk menciptakan ruang tajam sehingga latar belakang maupun latar depan obyek foto menjadi buram. Lebih kecil angka diafragma, lebih sempit ruang tajam yang dihasilkan.

Shutter Priority ( Tv )
Pada modus ini kita tinggal mengatur setelan kecepatan rana atau shutter speed. Kemudian besaran diafragma secara otomatis diatur oleh kamera. Modus ini digunakan ketika kita ingin memotret obyek yang berkaitan dengan kecepatan atau olah raga. Misalnya, memotret sebuah pertandingan bulu tangkis atau memotret lampu lalu lintas pada malam hari dengan menggunakan kecepatan rana yang rendah.

Mudah-mudahan bisa membantu.


Sumber gambar.

8 comments:

wempi mengatakan...

wempi kurang ngerti om... (Av/Tv)

apakah maksudnya mengeset kecepatan berkedip lensa. untuk mengatur lamanya objek ditangkap dan berapa banyak cahaya yang mau diambil.

alamendah mengatakan...

Saya awam banget dalam hal fotografi. Paling2 bisanya pake kamera saku.
Btw, buas pula untuk nambah pengetahuan

tukangpoto mengatakan...

Wempi : Iya benar itu salah satu fungsinya.

alamendah : nggak pa-pa kang tujuan saya memang membagikan pengetahuan dan agar kita bisa sama-sama belajar.

Blooges mengatakan...

info menarik akan saya simpan jika sewaktu-waktu diperlukan.. trims infonya mas.. keep post broww..

YOYON mengatakan...

Kalau di nikon D80 apa yang tertera M,A,S,P itu sama dengan yang saudra tulis, lagian untuk mengatur pencahayaan dimana, kecepatan dimana, maaf masih jadul banget trim

tukangpoto mengatakan...

M, untuk pengaturan manual
A, untuk pengaturan aperture atau pencahayaan
S, untuk pengaturan shutter atau kecepatan
P, untuk pengaturan semi otomatis atau program
Semoga bisa membantu mas Yoyon

Anonim mengatakan...

Kang sy sekarang kemana2 menenteng Nikon D5000 utk nyepret sana-sini.Tp seringkali kecewa dengan hasilnya. Sy belum memahami dgn aperture dan shutter priority ini, sdh mencoba berkali-kali blm jg memuaskan. Saya sebenarnya ingin mengapload hasil bidikan saya utk akang nilai. tp ngak tahu caranya. Mohon pencerahannya kang.

tukangpoto mengatakan...

Wah, harusnya kalo udah nenteng DSLR mah hasilnya harus lebih bagus dari kamera saku atuh :)
Kalo mau upload ke email saya aja di : diditdof@yahoo.com
Jangan lupa diresize dulu terus tulis apa yang mau dikomentarin. Semoga membantu.