Sabtu, 07 November 2009

Lighting fotografi

Lighting dalam fotografi merupakan salah satu elemen yang terpenting. Dengan penempatan sumber cahaya yang tepat kita dapat membangkitkan rasa, suasana, dan detail pada obyek sehingga mampu membuat sebuah karya foto menjadi istimewa.

Berikut ada tips sederhana tentang lighting fotografi yang dapat memaksimalkan karya foto anda :

1 . Kontras.
Apapun sumber cahayanya, baik itu matahari, lampu studio ataupun cahaya pantulan, usahakan agar cahaya utama lebih kuat daripada cahaya pengisi agar tercipta efek tiga dimensi pada obyek.

2 . Arah cahaya.
Cahaya dari samping atau sidelighting adalah cara yang paling efektif untuk mengangkat tekstur dan menciptakan variasi yang dinamis antara sisi terang dan sisi gelap dari obyek. Cahaya samping dapat memberi efek dimensi serta kedalaman pada obyek foto anda.

3 . Sudut pandang atau angle.
Ada 2 hal yang harus kita perhatikan dalam pencahayaan :
a . posisi datangnya cahaya ke obyek
b . posisi obyek terhadap kamera

Posisi datangnya cahaya dan sudut pandang kamera akan memberi 'rasa' pada sebuah foto. Jangan takut untuk bereksperimen.

4 . Tiga dimensi.
Sebuah karya foto yang berhasil adalah yang bisa mengajak pemirsanya untuk merasakan tekstur, bentuk dan rasa dari sebuah obyek. Semua ini bisa dicapai jika kita menguasai trik pencahayaan.

Dengan terus mengasah kepekaan kita terhadap pencahayaan, mudah-mudahan kita dapat memaksimalkan penerapannya dalam berkarya.

Semoga membantu.



Foto : Andre Leonardo

26 comments:

alamendah mengatakan...

(maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
makin nambah ilmu poto mempto, nih.

tukangpoto mengatakan...

Silahkan, mangga atuh kang.

Action Figure Toy mengatakan...

hehehe...
bener juga, dengan lighting foto saya jadi mayan ganteng ^0^

belajar blog mengatakan...

nasihat yang bagus, ntar mao dipraktekin buat kamera hape. terkadang suka narsis juga

kolojengking mengatakan...

Saya juga hobi foto-foto, tapi yang namanya pencahayaan saya nggak begitu paham.

Thanks infonya pak... :)

tukangpoto mengatakan...

AFT : mungkin emang dari sananya udah ganteng kali..hehe.

belajar blog : o iya boleh banget mas.

kolojengking : saya juga masih terus belajar...iya sama-sama.

Deny deyn mengatakan...

sip infonya,.
tinggal nunggu punya kamrea
buat di coba hehe

fadhilatul muharram mengatakan...

om tukang poto,,, tolong komenin poto2 hasil hepretan aku dunk.. kebetulan abis pulang dari malang, banyak poto yg aku ambil, tapi kayaknya jelek2 gitu... jd klo mampir ke blog aku, jgn lupa komenin poto2nya yaa.. :D

wempi mengatakan...

lighting kek petir aja judulnya om, bisa mampus dong modelnya, rambutnya pada berdiri, gosong dan berasap.

di belakang objek juga bagus.
kemudian di atas kepala juga bagus untuk mengambil detil rambut.

sepertinya sctv sudah menerapkannya untuk pengambilan acara berita, detil rambut kelihatan, wajah juga jernih.

warna lampunya gimana, kuning apa putih, trus jenis lampu bohlam apa neon atau apa lampu mercury.

tukangpoto mengatakan...

deny : ok deh kita tunggu,den.

fadhilatul : siap,mas fadhil! nanti saya mampir ke blognya mas fadhil buat ngereview hasil karyanya ok.


wempi : untuk detailnya kita serahkan saja pada kreatifitas masing-masing fotografer, ok oom..hehe.

nia mengatakan...

Kunjungan pertama .. postingan yang bermanfaat .. :) salam kenal

fadhilatul muharram mengatakan...

di postingan bagian pertama emang belum sedetail itu,pak. nanti di bagian2 selanjutya insya Allah ada, meski tak banyak poto yg ditaro. hehhe... maap ngerepotin. :D

tukangpoto mengatakan...

Oh nggak pa-pa,dhil..sama-sama.

Triunt mengatakan...

Makasih bang tips nya.
itu foto jepretannya ya?
tambah2 ilmu nih.

salam kenal ya?

andif mengatakan...

lanjut kang :)
salam,

tukangpoto mengatakan...

triunt : salam kenal juga nih.

andif : ok, lanjut terus...

fadhilatul muharram mengatakan...

nih yang ini om, coba dikritisi hasil gambarnya :D

http://dhila13.wordpress.com/2009/11/09/malang-bag-2-tur-kampus/

genial mengatakan...

htnk for the article... sangat membantu dalam menciptakan efek 3D

tukangpoto mengatakan...

Sama-sama.

bundadontworry mengatakan...

senangnya bisa dapat info seperti ini bagi orang2 yg kurang mengerti fotografi.
terima kasih utk sharingnya Mas.
Salam.

tukangpoto mengatakan...

Sama-sama,bunda pengetahuan kan asyiknya di bagikan..hehe.

NumB3R mengatakan...

tipsnya sederhana, tapi tetep ae kang saya bacanya 'mumet' hehe.

maksudnya : "usahakan agar cahaya utama lebih kuat daripada cahaya pengisi agar tercipta efek tiga dimensi pada obyek"
apa ya kang?

tukangpoto mengatakan...

Maksudnya agar intensitas dari main light ( cahaya utama )lebih besar daya nya daripada cahaya kedua atau fill in yang arah datangnya berlainan. Biar si obyek jadi 'muncul' nggak nyatu sama backgroundnya. Mudah-mudahan bisa di mengerti.

Saung Web mengatakan...

Waduh bener2 pakar nih.. wiislah gak sia2 nih punya sobat kayak gini.. walaupun mesti dipraktekan biar ngeh ya..

tukangpoto mengatakan...

Asyiknya sih emang dipraktekin kang..hehe.

zarod mengatakan...

wah berosing berosing masalah lighting potogerapi akhernya mampir di blog ini, salam kenal n tengkyu dah berbagi ngelmu :)