Senin, 30 November 2009

"...ya angkat sedikit.....wow sexy!...."

"....ya angkat sedikit dagunya...bibir setengah terbuka...wow sexy!....". Senyum tersipu, pinggul agak ditonjolkan ke samping, pandangan mata tajam ke arah kamera, tertawa lepas, tahan matanya, berdiri tegap, senyum sambil melihat ke arah softbox, kaki kiri agak ditekuk ke bawah, tahan sebentar, kepala disandarkan ke sofa....dan seterusnya.

Tanpa bermaksud untuk melecehkan kaum hawa, sekumpulan kata-kata di atas adalah kata-kata yang sering saya gunakan untuk mengarahkan klien di studio agar berpose sesuai seperti yang saya inginkan. Secara lengkapnya pernah saya uraikan pada artikel terkait.

Bermacam-macam cara yang dilakukan oleh seorang fotografer dalam mengarahkan kliennya. Ada yang terus-menerus berteriak menyemangati, ada yang suka memperagakan sendiri pose yang diinginkannya untuk diikuti sang model, ada yang senang sambil menyentuh...., ada yang senang mengarahkan dari jauh sambil sedikit bicara.

Begitu pula respon dari seorang klien, ada yang malu-malu, ada yang cerewet, ada yang nggak percaya diri sampai salah tingkah, yang luwes seperti yang diinginkan sang fotografer, atau malah yang menawarkan diri untuk berpose atau bergaya sendiri. Ini yang biasanya disukai fotografer.

Senang rasanya bisa bertemu berbagai macam karakter orang dan belajar sesuatu yang baru dari mereka, serta terus mencoba berpikir kreatif bagaimana caranya agar photo session yang mereka jalani ini bisa berlangsung dengan menyenangkan.



Foto : Tukangpoto

23 comments:

Pakde Cholik mengatakan...

Ini profesi yang menyenangkan ya mas. Keahlian yang bisa menyenangkan banyak orang dan bahkan bia menjadi bahan sejarah manusia.
maju terus mas dengan karya-karya yang mempesona. Modelnya cantik2 ya.
Salam hangat dari Surabaya

wempi mengatakan...

wah... kalo modelnya begituan, gak akn bosan2 deh ngaturnye, ;D

tukangpoto mengatakan...

Pakde Cholik : betul pakde, apalagi kalo kita bisa mengapresiasinya secara proporsional dan terus mau belajar.

Wempi : Ah , bang Wempi ini bisa aja...hehe.

arkasala mengatakan...

Wah bener-bener nih gak salah kalo konsultasi foto kemari, ketemu dengan seorang ahlinya. Selamat Sukses Mas.

tukangpoto mengatakan...

Hatur nuhun kang Yayat, kalo disebut ahli mah kayaknya masih jauh soalnya saya juga masih terus belajar..hehe.

fadhilatul muharram mengatakan...

hmm... klo dila, termasuk gaya yg malu2 dna malu-malu-in pastinya. hehe....

tukangpoto mengatakan...

Kalo saya yang motoin pastinya Dhila nggak malu-malu lagi ya..hehe.

guskar mengatakan...

sbg fotografer amatiran saya kadang juga berusaha mengarahkan gaya anak2 saya.. mskpn sering mereka sebel, krn saya terlalu bawel kali ya he..he...
btw, mas didit tahu nggak sejarahnya, knp ketika kita difoto.. untuk mendapatkan ekspresi senyum yg wajar diminta bilang : cissss!!!

tukangpoto mengatakan...

Waduh kebetulan saya nggak tau, mas..taunya agar mulut kita membentuk menyerupai orang yang sedang senyum..hehe:D

berita unik mengatakan...

hohohoho...
I like this
mas, kenalin dunk ntu cewe diatas ^0^

Financial Adviser mengatakan...

jadi kepikiran buat jadi fotografer juga nih mas
hehehehe

mamah aline mengatakan...

profesi fotografer mah selalu bikin awet muda ya kang, karena kebawa aura sama modelnya yang rata-rata usia belia, dan lagi tinggi narsisnya, kan jarang kakek nenek difoto studio kecuali urusan KTP atau paspor haji

alamendah mengatakan...

Kalau saya yang jadi modelnya kira2 giman abang ngarahinnya, ya?

rezKY p-RA-tama mengatakan...

wadoh,,,,jadi,,,,,

tukangpoto mengatakan...

berita unik : nanti ya kalo saya ketemu lagi dengannya saya kenalin deh..hehe.

Financial adviser : oh boleh-boleh silahkan mas pintu terbuka lebar..wekeke..

mamah Aline : leres, mamah Aline banyak hiburannya asal jangan dibawa stress dan enjoy..hehe.

Alamendah : wah, kalo buat akang mah kumaha anjeun weh, rek dibeureum hayu, rek dikoneng mangga..hehe.

rezKY p-RA-tama : jadi apa nih mas....

Blooges mengatakan...

wew.. benarkah.. model yang sering dijepret kang potograper kayak gini semua.. kenalin atu dunkkk... heheheee...., kang mo tanya nih.. kenapa ya terkadang kalo saya poto dengan blitz itu kok malah object yang saya poto itu jadi hitam.. justru yang dibackground itu malah terang??? udah bolak-balik dicoba tetep item, setelah saya matikan blitznya malah bisa terang aneh.. ya.. bukanya blitz itu fungsinya buat nerangi yang gelap ya???

tukangpoto mengatakan...

Kayaknya harus diklarifikasi dulu nih, motonya pake kamera apa, didalam atau luar ruangan atau speednya sesuai standar kecepatan blitz nya nggak?

Deny Deyn mengatakan...

wah kayaknya menyenangkan sekali
di studio foto :p

nakjaDimande mengatakan...

lagi bayangin didit ngomong begitu saat ngarahin bundo.. pasti langsung dijitak sama bundo! wwkwkeekkk

tukangpoto mengatakan...

Sama, saya juga tidak bisa membayangkannya Bundo..xixixi

tukangpoto mengatakan...

Deny Deyn : sangat menyenangkan Den, bisa tidur siang lagi, kalo sedang tidak ada yang dipoto..hehe.

linduaji mengatakan...

saya suka ngelihat hasil foto, tapi nggak mudeng teknik babarblas..!!!

tukangpoto mengatakan...

linduaji : jadi penikmat saja nggak dilarang kok mas..hehe.