Selasa, 03 November 2009

Digital zoom vs optical zoom


Masih banyak diantara kita yang tidak mengerti akan perbedaan antara digital zoom dan optical zoom. Padahal di kehidupan sehari-hari kita sudah sering menggunakannya baik ketika memotret menggunakan kamera saku digital maupun kamera ponsel.

Ada baiknya kita mengetahui sedikit esensi dari keduanya agar kita dapat memaksimalkan penggunaannya :

Digital zoom
Pembesaran gambar yang dilakukan dari gambar yang sudah ada. Atau mengcroping sebuah gambar lalu melakukan pembesaran terhadapnya.

Tindakan ini tentu saja mereduksi kualitas dari gambar hasil cropingan tadi. Tidak dianjurkan bagi anda yang mengutamakan detail gambar. Jenis zoom ini biasanya terdapat pada kamera ponsel.

Optical zoom
Pembesaran gambar yang dilakukan melalui rangkaian optik yang ada di dalam lensa kamera langsung terhadap obyek yang difoto sehingga tidak mengurangi kualitas gambar.

Jenis zoom ini biasanya terdapat pada kamera saku digital dan kamera DSLR.

Semoga bermanfaat.



Sumber gambar

21 comments:

Fei Hong mengatakan...

Kalo pake zoom digital pecah ya bang Andre?...

http://mandarinindonesia.blogspot.com/

tukangpoto mengatakan...

Kalo pake zoom digital pasti pecah gambarnya,istilah populernya zoom bo'ongan.

belajar blog mengatakan...

oohh...itu toh bedanya
pantasan kalo Qu zoomin gambarnya pecah mas

Action Figure Toy mengatakan...

Hmm...
ada ga mas kamera hape yang ada optical zoomnya??

wempi mengatakan...

Kadang kan ada iklan hape, kamera 2MP zoom sampe 5x. wow!

alamendah mengatakan...

Saya selalu menghindario digital zoom. Apalagi yang disediain kamera-kamera hape. Kalau optical zoom, dari kamera saku digital, sih oke-oke saja.

tukangpoto mengatakan...

belajar blog : itu karena hanya gambar yang ada diperbesar,mas.

AFT : waduh saya kurang mengikuti perkembangan hape tuh,mas..hehe.

wempi : iya oom ternyata itu cuma zoom bo'ongan.

alamendah : langkah yang baik kang, alam.

Nyubi mengatakan...

kalo optic zoom berarti tidak mengurangi kualitas gambar ya, om :)

Miyabi mengatakan...

mana bagusan optic ama digital zoom, makasih pencerahanyya

berbagi informasi mengatakan...

dapatkan backlink gratis dari blog saya :)

Si Kurus mengatakan...

Mungkin aku sedikit menambahkan.
Utk digital zoom, yg bekerja itu adalah software. akibatnya, pembesaran objek akan mengurangi pixel.

Sedangkan utk optical zoom, yg bergerak utk memperbesar objek adalah optic. sehingga tangkapan gambar tidak mempengaruhi pixel.

Moga bener :)

tukangpoto mengatakan...

Nyubi : o iya,benar.

miyabi :bagusan optical zoom.

berbagi informasi : iya,mas terima kasih.

si kurus : bener banget,mas trima kasih atas tambahannya.

meiy mengatakan...

makasih sudah mampir mas, salam kenal ya...aku link ya. bisa belajar motret nih asiiik...

Andreas Eko mengatakan...

sama-sama mbak meiy..terima kasih kembali.

tukangpoto mengatakan...

Tadi namanya salah...hehe.

Badruz mengatakan...

Oh gitu ya mas bedanya. jadi tahu nih.

salam.

tukangpoto mengatakan...

Senang bisa membantu.

bakulrujak mengatakan...

kalau ada spesifikasi zoom digital 2X, 3X dst itu maksudnya seperti apa ya Om?
maaf nih, masih pemula..

tukangpoto mengatakan...

Kalau itu angka tingkat pembesarannya mas..sama saya juga masih terus belajar.

silkhawk mengatakan...

terima kasih mas atas sarannya, saya memang mau beli kamera digital yang optical zoom nya besar

revinov mengatakan...

Thanks infonya...
Artikelnya langsung k sasaran. gi belajar nih...
kalo sempat mampir ke
tulisan-novan.blogspot.com