Selasa, 22 Desember 2009

Tips photowalking

Ada blogwalking, ada juga photowalking. Apa itu photowalking? Photowalking adalah jalan-jalan sambil membawa kamera lalu motretin obyek-obyek yang menarik menurut si empunya kamera.

Bedanya dengan fotografi jalanan? Jika fotografi jalanan biasanya mempunyai tujuan khusus, seperti; memotret karnaval, memotret demonstrasi, atau memotret di dalam sebuah bus tanpa menarik perhatian, kalau photowalking cenderung pada kegiatan refreshing sambil membawa kamera kalau-kalau ada momen atau obyek yang menarik untuk difoto.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk ber-photowalking?

1 . Sepatu atau sandal yang nyaman.
Gunakan sepatu atau sandal yang selalu menemani anda waktu bepergian jauh karena biasanya akan lebih nyaman dipakai dan tidak menimbulkan lecet. Dan jangan menggunakan alas kaki yang masih diragukan 'track record' nya.

2 . Kartu memori tambahan.
Sebenarnya jika hanya ingin membawa satu kartu memori juga tidak apa-apa, tapi menjaga kalau ada obyek yang menarik yang butuh banyak jepretan atau jika tiba-tiba kartu memori yang satunya error, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga lagi pula nggak ngerepotin kan.

3 . Batere tambahan.
Tau kan gimana rasanya kalo sedang asyik-asyiknya motret lalu tiba-tiba batere kameranya habis, jadi nggak ada salahnya membawa batere ekstra untuk berjaga-jaga. Saran saya, gunakan batere recharge, soalnya kamera digital sekarang mengkonsumsi banyak sekali tenaga.

4 . Tas yang nyaman.
Untuk membawa seluruh peralatan anda, gunakan tas yang kuat dan kalau bisa anti air, takut nanti turun hujan atau tidak sengaja terciprat air. Kalau bisa juga yang dapat dengan mudah untuk mengeluarkan kamera . Pokoknya tas yang bisa memenuhi kebutuhan anda sekaligus untuk melindungi kamera.

5 . Teman untuk menemani.
Tergantung dari sifat masing-masing orang, ada yang lebih nyaman pergi sendiri, ada juga yang lebih senang ditemani. Tapi dengan adanya teman kita jadi merasa lebih santai, bahkan seorang teman bisa jadi guide untuk mengamati obyek yang menarik sekaligus menjadi teman ngobrol di perjalanan.

Gimana, sudah siap ber-photowalking?



inspirasi artikel

sumber foto


39 comments:

laurentina mengatakan...

Karena saya cuman fotografer amatiran, maka saya nggak berbekal apa-apa kecuali kamera HP saja. Tapi saya setuju tips alas kaki itu. Saya paling kesulitan memotret kalau sedang pakai high-heels.

tukangpoto mengatakan...

Tentunya high-heels lebih cocok untuk dipakai ke pesta, amatiran itu lebih berwarna dari pada yang prof,mbak motonya benar-benar pake 'passion'.

Badruz mengatakan...

Tipsnya sederhana mas, mantap. walau sederhana, tapi kadang banyak di lupakan.

Selamat hari Ibu Mas.

tukangpoto mengatakan...

Justru yang sederhana yang lebih sering dilupakan orang,mas seperti kasih seorang ibu yang sederhana tapi tulus kepada anaknya.

ALRIS mengatakan...

Tips-nya jitu mas. Salama kenal.
ALRIS

tukangpoto mengatakan...

Makasih ALRIS, salam kenal juga.

tiyo avianto mengatakan...

tukang foto dilawan...asik jg momentnya

tukangpoto mengatakan...

Yang asik-asik memang selalu bisa mendatangkan inspirasi..hehe.

DV mengatakan...

Tips yang menarik... kalo boleh menambahkan, kupikir pengetahuan untuk memahami obyek mana yang boleh difoto dan mana yang tidak (serta relevansinya dengan hak cipta penerbitan foto) juga diperlukan supaya kita ngga terjerat pasal2 yang membosankan itu :)

HumorBendol mengatakan...

Makasih Tipsnya bro..
Syukur2 kalo yang nemenin tuh Ahli di bidang fotografi ya bro... Jadi ada yang memandu

tukangpoto mengatakan...

DV : ok,mas Don nanti saya bikinin artikelnya mana yang boleh dan mana yang nggak boleh difoto, kadang pasal-pasal itu juga membelenggu kebebasan berpendapat fotografer lewat foto-fotonya ya.

HumorBendol : boleh kapan-kapan tak temenin mas...hehe.

Blooges mengatakan...

waduh.. repot juga ya kalo mo jalan-jalan bawaanya sebanyak itu wkwkwk... tapi worthlah.. lebih baik sedia payung sebelum hujan.. ya to..

bundadontworry mengatakan...

karena hanya photografer amatiran, kalau pergi sendiri, modalnya hanya HP, tapi kalau sama anak, ya baru deh bawa kamera digital he....he...
salam.

H mengatakan...

mmm betul-betul-betul.. fiuh lom kebeli kameranya.. wkwkk

tukangpoto mengatakan...

Blooges : nah itu sudah terjawab.

bundadontworry : oh iya bunda biar anak-anak aja yang bawain..hehe.

H : pelan-pelan aja bro, ntar juga kesampean.

arkasala mengatakan...

Terima kasih sekali atas tipsnya Mas. Ini perlu karena kadang beberapa hal kecil suka terlupakan.
Salam :)

Aditya's Blogsphere mengatakan...

wow....selamat berfoto-foto ria bang...kayae perlengkapanya bener-bener di siapin dengan matang nih......sip deh bang.........

Aditya's Blogsphere mengatakan...

saya juga cuman pake hp klo mau ambil komen indah di sekitar alam.....

wempi mengatakan...

Mungkin ada tambahan satu lagi, tujuan. kadang setelah semua alat dah lengkap, trus baru kepikiran, mau photowalking kemana ya [kepasar apa ke mall ya, ato ke kali photoin putri duyung lagi mandi?] :D

tukangpoto mengatakan...

arkasala : oh ya kang mudah-mudahan kita bisa saling mengingatkan kalo ada yang kelupaan.

aditya blogsphere : nggak pa-pa mas pake hape juga bisa kok, jangan biarkan ketiadaan alat menghalangi anda.

wempi : kalo untuk tujuan itu terserah pilihan masing-masing,oom.

dasir mengatakan...

Tipsnya top markotop sobat...makasih ya..dan salam kenal...

ceuceusovi mengatakan...

photowalking... kayaknya asik banget ya.. saya juga suka sama kegiatan foto2, baik sebagai subjek atau objek.. ( hihihihi... ). Dulu saya suka menggunting foto2 unik yang tampil di koran kompas, untuk saya tempel di pintu kamar saya.. hehe.. jadilah pintu kamar saya paling 'meriah' diantara pintu2 lain...

salam kenal ya..

zulhaq mengatakan...

hmm, yang poitn ke 5 penting banget tuh

apalagi yang nemenin tuh aura kasih ha ha ha

mamah aline mengatakan...

suka lupa masalah sandal saat fotowalking, padahal penting agar kaki melangkah nyaman dan gak pegel

mandor tempe mengatakan...

lhah itu kok bisa foto diri sambil tiduran hihihihihi

Sari Ajah mengatakan...

kalo sayaaaa..
bagian jadi 'temen photowalking'
*banci foto* :D

rezKY p-RA-tama mengatakan...

kameranya juga kudu bagus kan mas?

ducky mengatakan...

Haluu salam kenal mas,, wuah tipsnya oke punya! Setelah pny hp berkamera, camdigku jarang dibw deh, dan paling sering aku moto didlm bis hehe itu kalo pulang kantor....soalnya momennya asik2...:)

tukangpoto mengatakan...

dasir : makasih,mas salam kenal juga.

ceuceusovi : wah ternyata ceuceu ini kreatif juga ya.

zulhaq : bang zulhaq ketauan nih ngefans berat sama Aura kasih..hehe.

mamah Aline : iya mah,enaknya sih pake sepatu kets.

mandortempe : iya saya waktu botak..hehe.

sariajah : boleh-boleh..

rezKY pRAtama : nggak harus.

ducky : bagus mas sebuah usaha yang kreatif.

guskar mengatakan...

ini hari ketiga saya liburan panjang... ke mana2 saya nenteng kamera, klo diitung2 sdh lbh dari seratus obyek yg saya ambil...
ternyata, asyik jg ya photowalking itu.. :P

sinopi mengatakan...

wuaaa.. saya sering photowalking tp pk hp coz ga punya camera digital yg bagus spesial buat profesional..
yg saya foto ya yg aneh2 ajah.. misalnya tukang bajay pk batik korpri xixiii.. ato temen lagi molor sambil mangap ato apa aja yg mungkin besok belom tentu liat lagih..

waktu jalan2 ke kalimantan timur, saya beneran kehabisan batre & memori karna asik foto alam pake camera digital.
hhh sayang banget bnyk gambar yg terlewat diabadikan gara2 batre & memori..
tp ga kapok, pas ke gunung kidul spesial nyari 12pantai perawan, kejadian lagih.. memori banyak, batre nya lupa bawa cadangan..
aaarrrrgggghhh.. mau ngamuk deh kalo inget itu!

tukangpoto mengatakan...

memang kadang-kadang hal-hal sepele ternyata ngaruh juga ya...hehe.

tukangpoto mengatakan...

guskar : lumayan jadi hobi untuk penghilang stress dan menikmati hari.

isnuansa mengatakan...

Saya itu ya Mas, [dulunya sebelom kamera rusak dan kini kalo butuh pinjam adik] kemana-mana selalu bawa kamera di dalam tas, tapi nggak pernah dipake, kecuali emang penting banget. Kok ya nggak pernah nemuin moment yang pas buat diabadikan gitu lho...

Bukan berjiwa jurnalis berarti ya.

tukangpoto mengatakan...

Nggak pa-pa kok mbak Nunik, photowalking ditujukan buat sekadar refreshing aja..nggak dibuat serius..hehe.

Deny Deyn mengatakan...

saya kira photowalking di internet..
semacam blogwalking gitu, heheh
yg sering aku denger dari temen2ku fotografer ,hunting :)

setuju sama point no2 sama 3
repot kan kalo kita lupa ngecek sisa beterainya, eh ternyata habis

tukangpoto mengatakan...

Kalo hunting itu emang niat buat nyari obyek khusus, kalo yang ini sambil jalan-jalan aja.

Anonim mengatakan...

jd pgn potowalking
nabung ah wat beli DLSR....

Moch. Yagi mengatakan...

wah tipsnya sangat berguna nih mas :)