Minggu, 20 Desember 2009

Ngeblog untuk berbagi



Semenjak duduk di bangku SMP, saya memiliki buku harian tempat saya mengeluarkan segenap perasaan dalam bentuk tulisan dan juga untuk merekam kagiatan-kegiatan yang saya lakukan sehari-hari. Kegemaran saya menulis di buku harian pastilah terjadi karena imbas dari kesukaan saya akan membaca. Kalau dulu membeli majalah, tidak ada artikel dalam majalah tersebut yang tidak saya baca.

Ketika mengenal blog dari internet, saya pikir ini bisa menjadi media yang ideal bagi saya yang suka menulis, mengungkapkan pikiran serta ide-ide untuk bidang pekerjaan saya yaitu fotografi. Sampai sekarang sudah banyak manfaat yang saya rasakan dari kegiatan ngeblog ini, tapi kalau harus membaginya ke dalam hal yang paling pokok, saya memilih untuk membaginya ke dalam 3 bagian yang paling utama, yaitu :

1 . Aktualisasi diri.
Ngeblog membuat saya dapat menjabarkan apa yang ada dalam pikiran saya ke dalam bentuk tulisan secara runtut. Ide-ide, kejadian-kejadian, pengalaman yang berguna bisa terdokumentasikan dengan baik, dan bisa dibaca lagi kalau-kalau kita membutuhkan informasi yang terkandung di dalamnya.

2 . Menambah ilmu.
Dengan seringnya kita berada di depan komputer, berinteraksi lewat internet, tentunya ilmu pengetahuan dan wawasan kita dengan sendirinya ikut bertambah. Seluk beluk tentang blog, marketing lewat internet, cara berbisnis secara online, belum lagi artikel-artikel yang biasanya hanya kita baca dari majalah atau koran semuanya tersedia di internet dan blog teman teman. Tinggal bagaimana kita ingin memanfaatkan dan menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Pokoknya semua ada di dunia blog dan saya akui internet adalah masa depan serta akan sangat berperan dalam kehidupan kita sehari-hari. The way of the future.

3 . Bersosialisasi.
Karena blog saya bukan berisi curhatan kehidupan sehari-hari melainkan tentang lingkup fotografi berisi tips-tips, pengalaman pribadi menyangkut fotografi serta pengetahuan umumnya maka akan lebih bermanfaat jika blog ini juga dibaca oleh orang lain. Mulailah saya mensosialisasikan blog saya, karena kegiatan ini mulai bertambahlah teman-teman saya. Walaupun hanya teman di dunia maya tapi mereka adalah pribadi-pribadi yang nyata sejauh mereka melakukan kegiatan ini berdasarkan niat yang baik dan mau saling jujur. Saya jadi kenal nakjaDimande, bundo yang suka puisi, mas kyai blog Guskar yang senang berbagi buku, pakde Kholik yang suka berbagi hadiah dan mengaku hidupnya lebih berwarna-warni karena ngeblog serta kang Yayat yang gemar mengutak-atik Joomla sambil bagi-bagi buku dan teman-teman yang lainnya.

Tapi kalau mau dirangkum dari semua manfaat ngeblog yang utama adalah berbagi. Blog kita menjadi lebih bermanfaat karena kita membagikan apa yang kita miliki kepada yang lain. Apakah itu pengetahuan, pengalaman, bingkisan tali asih atau walau hanya sekadar komentar atas sebuah tulisan. Knowledge is about sharing.

Tulisan ini saya buat demi memeriahkan acaranya kang Yayat Arkasala dalam peluncuran Leysbook nya.



Sumber foto

26 comments:

yayat38 mengatakan...

Terima kasih sekali Kang sudah berpartisipasi dalam acara di blog saya. Terdaftar sebagai peserta ke 23. Untuk mengeceknya silakan kunjungi http://arkasala.com/peserta-kemeriahan-di-leysbook.html
Semoga beruntung.
Salam sukses selalu :)

tukangpoto mengatakan...

Terima kasih ,sama-sama kang.Mudah-mudahan terus bertambah pesertanya, biar tambah rame.

alamendah mengatakan...

(maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
Berbagi itu indah. Termasuk berbagi melalui blog.

tukangpoto mengatakan...

Mangga atuh kang sok diamankeun anu kudu diamankeun.

H mengatakan...

di bookmark dulu.. hihihi nanti pengen bisa partisipasi juga :)

nakjaDimande mengatakan...

ciee, uhuyy..! ada Bundo disebut. Makaciy didiiit. Terimakasih juga buat penemu Blog pertama kali **siapa ya dit penemu blog itu? harus cari tahu niyh :D

guskar mengatakan...

ngeblog untuk berbagi ilmu, bisa dari tulisan yg kita buat atau buku yang kita bagikan untuk para sahabat..
saya jg akan berpartisipasi di acara kang yayat, ntar minggu dpn saja stlh acara MTBI kelar..
btw, buku pilihan mas didit sdh saya krm ke cideng :)

tukangpoto mengatakan...

H : Oh silahkan saja bro Huang..hehe.

nakjaDimande : makasih kembali bundo, yang jelas sih penemunya dari ngAmerika sana..hehe.

Guskar : terima kasih banyak kang Guskar, mudah-mudahan acara-acaranya semakin rame ya..

Alfaro Lamablawa mengatakan...

Selamat Pagi…selamat berhari senin yang INDAH..hehehe
Buleh tukaran link?

tukangpoto mengatakan...

Boleh-boleh bang Alfaro, silahkan saja..

fadhilatul muharram mengatakan...

kata ayah ketika aku bilang klo aku ingin jadi penulis, ayah bukan berpesan untuk berlatih terus menulis padaku.. tapi beliau bilang supaya aku BANYAK MEMBACA. dan sejak itu aku tau.. klo otak kita sudah penuh dengan wawasan, kita akan mampu menuangkan isinya lancar dan penuh bahagia. :D

tukangpoto mengatakan...

Akur sama Dhila!

wempi mengatakan...

pingin banget ngeramein, ada hadiahnya lagi, tapi kalo yang begini entah kenapa slalu blank aja, gak tau apa yang mau ditulis, bingung mo mulai nulis dari mana, ada tips nulisnya gak tuh... ide/topik tulisannya ditentukan oleh orang lain loh.

Alfaro Lamablawa mengatakan...

selamat malam hehehe

tukangpoto mengatakan...

wempi : tulisannya bebas kok temanya tentang manfaat ngeblog, hadiahnya lumayan..ikutan deh..hehe.

Alfaro Lamablawa : selamat malam juga.

linduaji mengatakan...

suksue sama acaranya! semoga beruntung :-)

tukangpoto mengatakan...

Terima kasih mas Linduaji.

isnuansa mengatakan...

Buat menghilangkan racun di kepala. Nggak masalah Mas, apasaja yang ditulis, spesifik atau cerita keseharian, menulis bagus buat tubuh dan pikiran kita...

tukangpoto mengatakan...

Iya mbak bagus untuk sirkulasi ide-ide serta pemikiran-pemikiran kreatif lainnya, mbak.

bundadontworry mengatakan...

berbagi melalui blog memang sangat indah, walau hanya dunia maya, namun keberadaan sahabat2 sangat terasa seperti mempunyai sahabat di dunia nyata.
Dan ,berbagi itu selamanya selalu indah.
Selamat ya Mas, semoga tulisan ini sukses dan menang di acara lombanya Kang Yayat.
salam.

tukangpoto mengatakan...

Terima kasih bunda, salam juga buat keluarga.

Belajar dan Berbagi mengatakan...

dengan semangat ingin belajar dan berbagi, itu pula yg membuat saya mulai ngeblog..
mudah2an seiring dg berjalannya waktu, bayi blog saya bisa tumbuh, berkembang, dan memberi manfaat..
Mari Belajar dan Berbagi..
Salam kenal Mas Tukang Foto

Saung Web mengatakan...

Tambah satu lagi sob.. semoga dg ngeblog ini juga bisa nambah pundi2 rekening pribadi untuk istri dan putra putri

tukangpoto mengatakan...

kalo itu mah kang mudah-mudahan nanti ke depannya..amin.

tukangpoto mengatakan...

belajar dan berbagi : sama-sama,mas salam kenal.

yayat38 mengatakan...

Kang, terima kasih atas partisipasinya. Saat ini acara pengundian sudah berakhir. Mohon maaf jika ada kekurangan.
Salam hangat dan sukses selalu :)