Sabtu, 19 Desember 2009

Kodachrome discontinued

Ketika Kodak pertama kali memperkenalkan Kodachrome pada tahun 1935, film ini langsung menjadi film slide warna yang pertama kali sukses secara komersial.

Tapi permintaan akan film slide dan film konvensional sejenis lainnya mulai berkurang selama sepuluh tahun belakangan ini karena fotografi digital yang mulai memasyarakat. Ketika dihentikan produksinya pada bulan Juni tahun 2009, penjualan film slide Kodachrome hanya tinggal kurang dari 1% dari seluruh pendapatan.

Produksi dan proses dari Kodachrome sendiri sekarang sudah mulai mengalami kesulitan. Pada kenyataannya hanya tinggal satu lab prosesor yang menerima proses cuci cetak untuk film Kodachrome ini di Amerika Serikat ketika produksi film ini dihentikan.

Sayang sebenarnya, selalu ada sesuatu yang magical tentang film konvensional dan warna-warna cerah yang tidak bisa tergantikan.



Sumber berita

8 comments:

nakjaDimande mengatakan...

tak tergantikan dalam warna seperti yang ky gimana maksudnya dit? kasih contoh gambarnya klo bisa, penasaran..

tukangpoto mengatakan...

Justru nggak bisa dilihat lewat komputer bundo, harus megang lembarannya langsung, mungkin nanti aku kirim ke bukit tinggi kali ya..hehe.

guskar mengatakan...

hi..hi.. seperti bundo
di fikiran saya belum terbayang bgmn wujud film itu :)

wempi mengatakan...

Baru kali ini nih lihat yang beginian, kameranya khusus juga tak ya?

tukangpoto mengatakan...

guskar : seperti film negatif biasa tapi diklisenya sudah berwarna sudah bisa dilihat wujud gambarnya sperti pita seluloid untuk film bioskop.

wempi : kamera biasa oom cuma beda jenis filmnya aja, sebelum jaman digital film ini biasa dipakai oleh para profesional di bidang penerbitan.

belajar bisnis internet | hill mengatakan...

sy malah baru tahu kang foto jenis seperti itu :D. mantab si akang info ttg fotografernya, sy jd banyak tau

tukangpoto mengatakan...

Terima kasih kalo pengetahuan kang hilmi jadi bertambah.

Try mengatakan...

wah nice post bro, sayang gada contoh hasilnya ya hehe

keep blogging :)